Gali Ilmu di Lapangan, Mahasiswa PDD Banyuwangi Adakan ‘My Trip My Education’

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KUNJUNGAN mahasiswa di kebun melon di arena wisata Bhakti Alam, Tutur, Pasuruan, Salasa (8/11) (Foto: Laili Zarah M.)

UNAIR NEWS – Mahasiswa dituntut untuk lebih proaktif dalam mencari informasi dan relasi untuk kelancaran karirnya kelak setelah lulus menjadi sarjana. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan melalui perkuliahan, studi literature dari jurnal-jurnal ilmiah, mahasiswa juga dituntut untuk dapat melakukan observasi langsung ke lapangan sehingga pengetahuan dunia kerja sebagai faktor penting yang harus diperhatikan dalam belajar sebagai mahasiswa.

Menurut Diansanto Prayoga S.KM.,M.Kes., Pembina Banyuwangi Public Health Assosiation (B-PHA) dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait dunia kerja, maka Divisi Career Preparation B-PHA sebagai himpunan mahasiswa (hima) prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat PDD Banyuwangi mengadakan kegiatan My Trip My Education (MTME) di PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (Sari Roti) dan Wisata Bhakti Alam di Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (8/11).

“Sejumlah 100 orang mahasiswa yang terdiri dari perwakilan angkatan 2014, 2015 dan 2016 yang didampingi oleh dosen dan bagian kemahasiswaan UNAIR PDD Banyuwangi bersama-sama mengunjungi dua lokasi sasaran tersebut,” tegasnya.

PESERTA
PESERTA kegiatan kunjungan MTME IKM PDD Universitas Airlngga di PT Nippon Indosari Corpindo Tbk di Pasuruan, Salasa (8/11). (Foto: Laili Zarah M.)

Menurut Nur Risca Azizah (20), ketua pelaksanaan kegiatan, kegiatan MTME ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat di PDD Banyuwangi untuk menambah dan meningkatkan bekal keilmuan dan pengetahuannya, khususnya mengenai penerapan ilmu kesehatan lingkungan, ilmu kesehatan dan keselamatan kerja (K3), ilmu promosi kesehatan dan ilmu gizi di lapangan, yang didukung dengan penguasaan teori yang didapat selama proses belajar di kelas.

Studi ilmu K3 dan kesehatan lingkungan di PT Nippon Indosari  Corpindo itu dipandu oleh narasumber Soffahmi Pratama Susanti, staf departemen Quality Assurance (QA) dan Quallity Control (QC). Ia merasa bangga dan senang mendapat kunjungan mahasiswa Universitas Ailangga ini. Karena itu ia berharap kunjungan di perusahaan ini bisa menjadi sebuah proses edukasi yang berkelanjutan.

Rochmad Ardiansyah P, (19), wakil ketua panitia menambahkan bahwa sepulang dari kegiatan MTME ini para peserta diharapkan mampu memahami lebih mendalam tentang bagaimana bentuk-bentuk aplikasi ilmu kesehatan masyarakat secara langsung. “Agar tidak hanya berpacu pada teori semata,” kata Rochmad. (*)

Penulis: Siti Mufaida
Editor : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu