FISIP Ideas Matter Meriahkan 39 Tahun FISIP UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
10 Peserta Terbaik FISIP Ideas Matter 3.0 saat mengikuti kuliah interaktif oleh Prof. Kacung Maridjan, Ph.D

UNAIR NEWS – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga kembali menyelenggarakan lomba esai nasional, FISIP Ideas Matter, untuk ketiga kalinya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis FISIP UNAIR ke 39. Di tahun ketiganya, FISIP Ideas Matter digelar dengan tajuk “FISIP Ideas Matter 3.0: Strengthening Humanity as Fundamental Aspect In Indonesia’s Development’.

Pada tahap seleksi awal, lomba esai tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hingga tahap presentasi, terpilih 10 besar esai terbaik yang diundang ke FISIP UNAIR untuk mempresentasikan gagasannya. Pada saat penyambutan, Dekan FISIP UNAIR, Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si, memberikan apresiasi kepada 10 peserta terbaik. Baginya, peran untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, ada di tangan pemuda.

“Masa depan bangsa ini ada di tangan anda. Saya sangat senang sekali kepada pemuda yang memberikan pemikiran. Karena jika hari ini anda memberikan pemikiran, ke depan kalian yang akan memberikan kebijakan,” jelasnya.

Ditemui di tempat yang berbeda, Yuslihun Nisa selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa pemilihan tema dalam acara tersebut dilandasi dengan fenomena pembangunan yang terus berjalan di segala aspek kehidupan, namun menyampingkan sisi kemanusiaan.

“Dari sini kami mewadahi mahasiswa yang memiliki ide kreatif untuk tetap menghidupkan sisi kemanusian di tengah era modernitas seperti sekarang,” jelasnya.

Lomba tersebut digelar selama dua hari. Di hari pertama (19/11), selain presentasi, 10 peserta tersebut juga disambut dengan kuliah interaktif oleh Prof. Kacung Maridjan, Ph.D, dan Baiq Wardhani, M.A, Ph.D. Selain itu peserta juga diajak ke wisata rasa untuk membeli oleh-oleh. Hari kedua, peserta diajak city tour mengunjungi beragam tempat menarik di kota Surabaya. Tidak hanya jalan-jalan, peserta juga diajak diskusi bersama Gerakan Melukis Harapan.

“Jadi kami juga mengajak mereka (peserta, red) untuk diskusi dengan salah satu komunitas sosial. Ya, meski jalan-jalan tapi tetap ada edukasinya,” terang Yuslihul.

Setelah city tour, panitia dan peserta melakukan acara makan malam di kediaman Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini. Pada acara tersebut diumumkan pemenang dari hasil lomba. Hasilnya, Louisa Syaura dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin Sulawesi Selatan di daulat sebagai Juara I FISIP Ideas Matter 3.0. Disusul Juara II oleh Dio Wicaksono dari Program Studi Administrasi Negara Universitas Airlangga dan Juara III diraih oleh I Kadek Sudiarsana dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sementara Best Participant diraih oleh Burhanuddin Yusuf dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Dengan berakhirnya acara tersebut, Yuslihul berharap bahwa langkah kecilnya bersama tim bisa membawa perubahan besar bagi bangsa.

“Memang kami masih dalam segala kecil, semoga yang kecil ini bisa memberikan dampak yang besar dan dengan ini pula mahasiswa semakin sadar dengan sisi kemanusiaan di tengah modernitas,” pungkasnya.(*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu