6 Mahasiswa FH Torehkan Prestasi pada Kompetisi Debat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UNAIR yang mengikuti kompetisi debat yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surakarta (UNS) pada 9-11 November 2016

UNAIR NEWS – Jika ada pepatah mengatakan ‘hasil tidak akan menghianati usaha’, rasanya sangat tepat ditujukan bagi enam mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UNAIR yang memperoleh posisi Runner Up dalam kompetisi debat nasional. Enam mahasiswa tersebut adalah Mega Indah P. (2013), Virga Dwi E. (2014), Dina Mariana (2015), Fransisca M (2013), Sefrina R (2014), dan Lia Sutini (2015).

Tim yang terdiri dari enam mahasiswa itu mengikuti kompetisi debat yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surakarta (UNS) pada 9-11 November 2016 silam. Dalam pelaksanaan kompetisi, mereka terbagi menjadi dua tim, yakni tim debat dan tim research.

Selama satu bulan sebelum lomba berlangsung, berbagai persiapan mereka lakukan. Mulai  dari membangun argumen antara pro dan kontra untuk setiap mosi yang diperlombakan, menjalani latihan rutin disela-sela jadwal kuliah, dan berusaha membagi waktu antara mengerjakan tugas kuliah dan persiapan kompetisi. Pada kompetisi ini, mereka yang mewakili Badan Semi Otonom (BSO)  Masyarakat Yuris Muda Airlangga (MYMA), FH UNAIR.

Tidak hanya menduduki posisi Runner Up, salah satu pembicara dari tim debat yakni Virga berhasil menjadi Best Speaker dalam kompetisi yang diikuti oleh 12 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia ini.

Meski demikian, keberhasilan mereka tak lepas dari bimbingan Dwi Utari Christina Rachmawati S.H., LL.M., dosen yang berperan sebagai pembimbing selama persiapan lomba hingga babak final. Atas usaha tim dan dukungan dari berbagai pihak, akhirnya MYMA berhasil menduduki posisi Runner Up.

Dina salah satu perwakilan dari tim debat mengaku bangga atas kemenangan timnya kali ini. Meski sempat pesimis ketika menunggu pengumuman peserta yang lolos semifinal, namun nyatanya rasa pesimis itu berakhir ketika tiga dewan juri memilih tim debat dari FH UNAIR sebagai salah satu peserta yang lolos untuk masuk final.

Dina berharap, kemenangan timnya dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa FH UNAIR lainnya. Sehingga FH UNAIR semakin berjaya, baik di kancah nasional maupun internasional.

“Awalnya sempat pesimis apakah bisa masuk atau tidak ke semifinal. Karena lawannya bagus-bagus. Kita mengoptimalkan usaha hingga masuk final. Semoga kemenangan ini banyak menginspirasi dan memotivasi teman-teman yang lain,” ungkap Dina. (*)

Penulis : Pradita Desyanti
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu