Jadikan Dedikasi Sebuah Prestasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi

UNAIR NEWS – Menjadi mahasiswa bukan hanya sebuah identitas semata, yang hanya dipandang dari sisi akademiknya saja. Akan tetapi sisi non akademik juga perlu menjadi perhatian. Bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo, bagi kedua mahasiswa ini adalah suatu permulaan. Silvester Sili Teka dan Nazyati Syafira belajar mengasah soft skill mereka dengan berorganisasi melalui UKM. Kehidupan berorganisasi di kampus nyatanya memiliki berbagai macam pandangan dan sorotan. Ada yang memandang bahwa dengan mengikuti kegiatan organisasi hanya akan menghambat nilai akademik. Namun, tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa dengan bergabung dalam organisasi kampus akan memberikan banyak sekali manfaat bagi dirinya, salah satunya dengan menjadi mahasiswa yang berprestasi di bidang non akademik.

Seperti yang dirasakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNAIR ini, Silvester dengan kerja kerasnya di tengah kesibukan skripsi dan menjelang kelulusan, berhasil meraih juara 1 senior under 54kg putra dan dinobatkan menjadi “Atlet Terbaik Senior Putra” di Kejuaraan Nasional Piala Kapolres Semarang yang berlangsung pada 11-13 November lalu.

“Saya merasa ingin lebih berkontribusi kepada UKM Taekwondo UNAIR dengan mempersembahkan sesuatu yang belum pernah saya berikan untuk UKM yaitu medali emas dan sebagai bonus penghargaan atlet terbaik itu,” ujar  mahasiswa semester akhir tersebut.

Hal demikian dirasakan pula oleh Nazyati Syafira, mahasiswa Fakultas Vokasi ini juga meraih medali perak pada kejuaraan tersebut. Dia menyatakan bahwa sebenarnya niat untuk mengikuti kejuaraan sudah lama terbersit, latihan pun sudah dimulai sejak lama dan untuk kejuaraan ini memang benar-benar dipersiapkan. Sehingga membuahkan hasil yang memuaskan.

“Jangan berhenti berusaha dan berdoa karena tanpa keduanya semuanya sia-sia”, ungkap Syafira.

Prestasi non akademik yang diraih dan pengalaman organisasi dalam UKM, bagi Silvester bisa menjadi bekal soft skill ketika bersaing di dunia luar dan dapat menjadi nilai tambah jika dibandingkan dengan mahasiswa yang hanya aktif dalam aktivitas perkuliahan saja. Faktor pengalaman mahasiswa dalam organisasi kampus juga sebagai salah satu faktor penting penunjang suksesnya mahasiswa kelak.

“Tekad dan kemauan kuat itu merupakan syarat mutlak bagi sebuah pencapaian. Dedikasikan dirimu, karena dedikasi selalu berbuah prestasi”, ujar Silvester. “Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Ikuti organisasi kampus dan ukir prestasimu!,” pungkasnya.

 

Penulis: Yosi Dwi Apriliani
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu