UNAIR Pelopori Transparansi Tata Kelola Perguruan Tinggi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kerjasama, UNAIR dengan TII dan INFID. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga bekerja sama dan dipilih sebagai pionir pencegahan, penanganan, dan penanggulangan korupsi oleh Transparency International Indonesia (TII) dan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID).

Kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) ini merupakan bagian dari upaya untuk membangun sistem pencegahan korupsi. MoU tersebut berlangsung Kamis (10/11) di Aula Garuda Mukti, bertepatan dengan Sidang Universitas Dies Natalis UNAIR ke-62.

“Kami sepakat bahwa tata kelola perguruan tinggi yang baik adalah syarat utama pemenuhan hak masyarakat atas pendidikan tinggi yang berkualitas. Di samping itu, kami juga yakin bahwa perguruan tinggi yang mampu mengatasi korupsi di internal organisasinya yang paling mungkin mendidik mahasiswanya agar mereka juga memiliki komitmen anti korupsi,” ujar Sekretaris Jenderal TII Dadang Trisasongko.

“Ini semacam learning by example. Hanya kampus yang jujurlah yang memiliki otoritas moral untuk mengajarkan kejujuran kepada mahasiswanya,” tambahnya.

Dadang berharap, dengan adanya MoU ini dapat mengembangkan sistem pencegahan korupsi di dalam organisasi universitas melalui pengembangan sistem pencegahan dan penanganan konflik kepentingan. Selain itu, hasil MoU dapat memperkuat kredibilitas UNAIR di mata publik dan stakeholder lain.

Kerja sama ini akan berlangsung hingga satu tahun ke depan. Akan dirumuskan sebuah panduan pencegahan dan penanganan konflik kepentingan yang kelak dapat dijadikan kebijakan internal kampus. Selain itu, panduan akan disosialiasikan ke seluruh sivitas akademika.

Sementara itu, Sugeng Bahagijo selaku Direktur Eksekutif INFID mengatakan, UU pencegahan korupsi di Indonesia sudah lengkap. Namun, salah satu hal yang terlambat disadari bersama adalah institusi pendidikan tinggi yang mengambil peran penting terhadap pencegahan korupsi. UNAIR sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dapat menjadi contoh pencegahan dan penanganan konflik kepentingan yang menyebabkan terjadinya korupsi.

“UNAIR diharapkan jadi model pencegahan konflik kepentingan. Sehingga kelak jika di UNAIR baik, bisa diterapkan di instansi lain,” kata Sugeng.

Dengan berjalannya MoU ini, ke depan, stakeholder UNAIR diikat oleh ketentuan-ketentuan yang telah dibentuk oleh INFID, TII, dan UNAIR. “Hal ini tentu membantu UNAIR menuju world class university,” ujar Sugeng. (*)

Penulis : Binti Quryatul Masruroh
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu