Kunjungi UNAIR Agar Tingkatkan Motivasi BerKuliah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Luluil Maqnun ketika bertanya kepada narasumber. (Foto: Binti Q. Masruroh)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga terus menerima kunjungan dari berbagai sekolah menengah atas sederajat se-Indonesia. Kali ini, UNAIR melalui Pusat Informasi dan Humas menerima sejumlah 170 siswa dari SMAN I Bangil, Selasa (15/11).

Ratusan siswa didampingi guru memadati Aula Student Center, Kampus C, UNAIR. Mereka terlihat antusias menyimak berbagai penjelasan seputar UNAIR dan jalur masuk yang dapat digunakan untuk mendaftar kuliah di UNAIR. Informasi diberikan secara langsung oleh narasumber di bidangnya, yakni Dr. Eduardus Bimo Aksono, drh., M.Si., selaku Sekretaris PIH, dan Dr. Zainal Arifin, M.Si, dari Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru.

Guru pendamping siswa yang juga koordinator Bimbingan dan Konseling SMAN I Bangil Drs. Choirul Anwar, M.Si, mengatakan, dalam tiga tahun terakhir murid-muridnya rutin berkunjung ke UNAIR. Kunjungan ini dimaksudkan agar pelajar memiliki motivasi yang tinggi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

“Dengan kunjungan ini, anak-anak memperoleh banyak wawasan tentang profil perguruan tinggi, terutama profil UNAIR yang memang telah banyak anak-anak kita yang masuk di perguruan tinggi ini. Kita memfasilitasi anak-anak yang ingin melanjutkan studi ke UNAIR. Alhamdulillah, responnya begitu banyak. Secara keseluruhan dari peminatan IPA, IPS, dan Bahasa ada 170 anak,” katanya.

Diakui Choirul, dari tahun ke tahun, siswa-siswinya cukup banyak yang diterima di UNAIR. Menurutnya, pihak sekolah SMAN I Bangil terus termotivasi agar anak didiknya semakin banyak yang diterima di UNAIR.

“Alhamdulillah, ini menjadi motivasi bagi kami untuk selalu meningkatkan kuota yang dapat diterima di UNAIR ini,” ujar Choirul.

Sementara itu, Luluil Maqnun siswa berprestasi kelas XII SMAN I Bangil mengatakan, sejak awal dirinya sudah tertarik untuk melanjutkan studi di UNAIR. Ia ingin melanjutkan studi di program studi S-1 Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran (FK). Berkarir sebagai dokter adalah cita-citanya sejak ia kecil.

“Saya ingin masuk FK UNAIR, soalnya dari kecil passion di kesehatan. Saya inginnya kerja di rumah sakit. Pilihan kedua adalah farmasi (S-1 Pendidikan Apoteker). Alternatif lain ambil di Vokasi dengan prodi Analis Medis,” ungkapnya.

Senada dengan Luluil, Putri Afin Nurhayati siswa kelas XII mengatakan, kunjungan ini sangat membantu dirinya dalam menambah informasi seputar masuk perguruan tinggi negeri.

“Dapat banyak informasi untuk kuliah jenjang S-1. Dari kunjungan ini saya menjadi tahu mana-mana saja yang harus diperhatikan untuk memilik jurusan. Syarat-syaratnya apa saja. Pokoknya ini penting untuk menentukan jurusan,” kata siswa peraih Juara I Olimpiade Biologi tingkat Provinsi Jatim ini. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu