Rektor dan Kepala SMA se-Jatim Diskusi Problem Penerimaan Mahasiswa Baru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu perwakilan SMA saat memberikan pendapatnya dalam Diskusi. (Foto: Alifian Sukma)

UNAIR NEWS – Suasana hangat menyelimuti acara silaturahmi antara Rektor UNAIR dengan kepala sekolah SMA/SMK/sederajat se-Jatim. Rektor Prof. Dr. Moh. Nasih, SE., MT., Ak., CMA didampingi Direktur Pendidikan UNAIR Prof. Ni Nyoman Tri Pusparini dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd, Rachman tampak bersahabat berdiskusi dengan beberapa kepala sekolah. Forum silaturahmi berlangsung di Ruang Selasar, Kantor Manajemen UNAIR, Jumat (11/11).

Kehangatan acara semakin bertambah karena diselingi dengan humor segar oleh moderator Drs. Suko Widodo., M.Si yang juga merupakan Ketua Pusat Informasi dan Humas UNAIR. Melalui forum silaturahmi ini, diharapkan dapat terjalin kehangatan dalam diskusi mengenai penerimaan mahasiswa baru.

“Semua kalangan bisa berkuliah di UNAIR, dari mana saja. Terkait dengan bantuan pendidikan Bidikmisi, semuanya memiliki peluang untuk ikut mendaftar Bidikmisi,” ujar Prof Nasih

Dalam acara tersebut, poin yang menarik terletak di sesi wawancara. Sebab dalam sesi tersebut, rektor bersama seluruh peserta mengerti problematika yang dihadapi calon mahasiswa. Bukan hanya diskusi, rektor juga memberi solusi terkait problematikan tersebut.

Pertanyaan yang dilontarkan kepda rektor sebagian besar seputar penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Diantaranya, seputar mekanisme SNPMTN hingga aspek yang dinilai dalam penerimaan SNMPTN maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) setiap tahunnya.

“Untuk nilai rapor yang akan diikutkan dalam SNMPTN, baik itu dari kelas akselerasi ataupun regular, kita serahkan semuanya kepada sekolah. Bagaimana sekolah mengatur itu sehingga pembagiannya bisa adil,” ujar Nasih.

Saiful Rachman selaku Kepala Dinas Provinsi Jatim mengatakan, sekolah harus menyiapkan muridnya untuk memasuki perguruan tinggi yang berkualitas, salah satunya UNAIR. Selain itu, sekolah juga memiliki peran untuk mendampingi siswa agar selektif dalam memilih jurusan.

Saiful juga mengapresiasi UNAIR dalam penyelenggaraan forum silaturahmi ini. Pasalnya, UNAIR adalah perguruan tinggi pertama yang menginisiasi acara ini. Diharapkan, forum silaturahmi antara rektor dengan kepala sekolah juga diikuti oleh perguruan tinggi yang lain.

Diskusi berlangsung selama satu setengah jam dan bergulir dengan hangat dan ramah. Acara tersebut diapresiasi oleh seluruh peserta yang hadir. Ulfatul Mufidah salah satu perwakilan dari SMAN 1 Kediri mengatakan, ia sangat senang diundang dalam acara tersebut karena bisa bertukar pendapat langsung dengan Kepala Dinas dan Rektor UNAIR.

Pada kesempatan ini Prof Nasih juga mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang tertentu untuk bisa mendapatkan kesempatan berkuliah di UNAIR. (*)

Penulis : Faridah Hariani
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu