Pengmas-PKL Fakultas Keperawatan UNAIR Sedot Ratusan Warga Dupak

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KETUA LP4M UNAIR Prof. Jusuf Irianto diapit Wadek I FKp Dr. Kusnanto (bertopi, kanan) dan Lurah Dupak Sugito, S.Sos, dalam penyuluhan DBD yang disampaikan Setho Hadisuyatmana (berdiri), dosen FKp UNAIR, Selasa (8/11). (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Setidaknya tujuh layanan kesehatan dari mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga mampu menyedot ratusan warga Kelurahan Dupak, Kec. Krembangan, Surabaya. Mereka tumplek-blek di Balai RW IV Dupak Bangunsari untuk memanfaatkan pengabdian masyarakat berupa pelayanan kesehatan dalam rangka Dies Natalis UNAIR ke-62. Acara ini dibuka oleh Ketua Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) UNAIR, Prof. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Com, Selasa (8/11).

Tujuh layanan itu adalah pelayanan anak, medical bedah, komplimenter, maternitis, pelayanan jiwa, pelayanan kritis, dan komunitas. Kepada kader-kader kelurahan diberikan penyuluhan kanker serviks dan kewirausahaan. Sedang untuk warga diberikan penyuluhan demam berdarah dengue (DBD) oleh dosen FKp Setho Hadisuyatmana. Selain yankes, dalam pengmas ini juga diberikan 250 bingkisan sembako, sebanyak warga yang diharapkan dapat dilayani dalam kegiatan ini.

Hadir mendampingi mahasiswa pada acara ini antara lain Wakil Dekan I FKp UNAIR Dr. Kusnanto, S.Kp., M.Kes., Lurah Dupak Sugito, S.Sos., pembina spiritual warga Bangunsari Dr. H. Ahmad Sunarto, S.Ag yang juga dosen UINSA, dan Ketua RW IV Dupak Bangunsari, Slamet.

Dalam sambutannya, Prof. Jusuf Irianto berharap masyarakat setempat bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh FKp UNAIR. Apa saja bisa dikonsultasikan, termasuk pengobatan herbal. Dipilihnya pengabdian masyarakat bidang kesehatan ini, tidak lain karena UNAIR merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia yang memiliki keunggulan di bidang kesehatan.

”Kami (UNAIR – red) akan berulang tahun yang ke-62 tanggal 10 November, karena itu kami ingin bisa berbagi bersama masyarakat disini,” kata Prof. Jusul, Guru Besar FISIP UNAIR itu.

Lurah Dupak Sugito, S.Sos dan ketua RW IV Dupak Bangunsari, Slamet, sama-sama menyatakan terima kasih kepada UNAIR yang sudi memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga Dupak, dimana sebagian dari wilayah ini merupakan percontohan warga binaan eks lokalisasi Bangunsari. Karena status percontohan binaan itu pula sehingga sering menjadi obyek kunjungan beberapa lembaga dan perguruan tinggi lain.

”UNAIR dengan banyak ahli kesehatannya jangan bosan datang kesini. Kami berharap jangan hari ini saja, tapi pada hari-hari lain juga,” kata Slamet, purnawirawan TNI itu.

Dr. H. Achmad Sunarto menilai, pengmas yang dilaksanakan UNAIR ini sungguh merupakan upaya sangat tepat. Alasannya, jika pihaknya dari UINSA membina masyarakat dari sisi rohaniahnya, sedangkan UNAIR membina pada segi jasmaniahnya. ”Kami yang mengisi rohaninya, UNAIR mengisi jasmaninya. Ini benar-benar pengabdian secara holistik,” katanya.

Menurut Achmad Ramadhan, ketua kelompok B-17 Gelombang II FPk UNAIR, pelayanan kesehatan massal ini hanya dilaksanakan sehari ini saja. Tetapi setelah ini, 43 mahasiswa anggotanya akan melanjutkan jadwal praktik kuliah lapangan (PKL) selama tujuh minggu di wilayah RW IV dan RW V Kelurahan Dupak. Sebelum pengmas ini mereka sudah menjalani PKL selama dua minggu, jadi tinggal melanjutkan yang lima minggu.

Seperti pernah dimuat pada media online ini 18 Oktober 2016, yang dimaksud Kelompok B-17 adalah mahasiswa Program Pendidikan Professi (S1) FKp yang berasal dari alih jenis (lulusan D3), sehingga diantaranya ada yang sudah bekerja (tugas belajar). Dalam angkatan B-17 Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga ini terdapat 83 orang, sehingga PKL-nya dibagi dua gelombang. Gelombang I terdapat 40 mahasiswa, sedang sisanya gelombang II.

Program kerja yang dilaksanakan dalam KKL, secara garis besar ada empat hal: yaitu KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), kesehatan lingkungan, kesehatan remaja, dan kesehatan lansia. Termasuk disini juga UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) pada sekolah-sekolah di Kelurahan Dupak. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu