Ratusan Mahasiswa Mancanegara Ikuti Seminar dan Kompetisi Internasional UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Seminar Internasional di Aula Garuda Mukti pada Senin (7/11). (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Direktorat Pendidikan UNAIR bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) mengadakan AISC (Airlangga International Student Competition) dan ISS (International Student Summit) 2016. Acara yang dihelat selama 4 hari tersebut dimulai dengan opening ceremony yang dilangsungkan di Aula Garuda Mukti, Manajemen Kampus C, Senin, (7/11).

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan mahasiswa Indonesia dari 30 Perguruan Tinggi se-Indonesia dan mahasiswa mancanegara dari 40 negara. Hadir memberi sambutan Wakil Rektor III Prof. Mochammad Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D, dan Purwanto Subroto, Ph.D selaku perwakilan dari Kemenristekdikti.

Dalam sambutannya, Prof. Amin mengungkapkan bahwa kegiatan bertaraf internasional layaknya AISC dan ISS dapat menjadi alternatif bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengalaman akademik dan non-akademik. Melalui acara tersebut, Prof. Amin berharap, mahasiswa Indonesia semakin menyadari bahwa mereka adalah bagian dari komunitas global. Selain itu, mereka juga dituntut untuk mampu mengatasi tantangan global , guna meningkatkan kapasitas dalam kehidupan profesional.

The challenges of globalization should be answered by improving and maximizing their competence and capacity so they can stand up in professional life. (Tantangan globalisasi harus dijawab dengan meningkatkan dan memaksimalkan kompetensi dan kapasitas mereka sehingga bisa berdiri dalam kehidupan profesional,” ujar Prof. Amin.

Dalam kesempatan tersebut, Purwanto menambahkan, tujuan dari kegiatan AISC dan ISS 2016 bukanlah sekedar berkumpul, namun juga saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman. Purwanto berharap mahasiswa yang datang dari luar negeri bisa berbagi kebaikan yang didapat selama mengikuti AISC dan ISS.

The aims is not just gathering, but we can share to our colleagues about how good story in Indonesia. ( Tujuannya bukan hanya untuk berkumpul, namun kita juga bisa saling berbagi kepada kolega kita terkait pengalaman dan cerita baik di Indonesia)” harap Purwanto.

Mengusung tema “The Role of Youth to be Agents of Change for Community Empowerment”, opening ceremony disambung dengan seminar internasional. Para narasumber di seminar tersebut yaitu Director of Retail and Network PT. Pos Indonesia Ira Puspadewi, Senior Social Development Socialist of World Bank (Jakarta Office) Christopher Finch, World Bank (Jakarta Office) Alexander B. Setiaji dan Dian Ekowati, SE., M.Si., M.AppCom(OrgCh)., Ph.D selaku moderator. (*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor : Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu