Puncak Dies Natalis, UNAIR Adakan Orasi Ilmiah dan Pameran Riset

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi UNAIR NEWS

UNAIR NEWS – Pada Kamis tanggal 10 November 2016 nanti, sivitas akademika akan merayakan puncak acara Dies Natalis Universitas Airlangga ke-62. Acara yang menjadi puncak perayaan Dies Natalis UNAIR ke-62 adalah Orasi Ilmiah dan Indonesia Research and Innovation Expo (IRIEx).

Orasi ilmiah akan digelar pada Kamis (10/11), pada pukul 09.00 di Aula Garuda Mukti dan Hall Lantai 1 Kantor Manajemen UNAIR. Acara orasi ilmiah itu rencananya akan dihadiri pimpinan universitas, senat akademik, dekan dan guru besar, TNI/Polri, serta mahasiswa.

Nantinya, komisioner sekaligus Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Laode Muhammad Syarief, S.H., LL.M., Ph.D., akan memberikan orasi ilmiah bertajuk “Antikorupsi Berbasis Akademisi dan Kampus Menuju Indonesia Adil dan Beradab”.

Usai orasi ilmiah yang dipimpin oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak., peserta akan diajak ke Airlangga Convention Center (ACC) untuk mengikuti pembukaan pameran riset acara IRIEx.

Acara pameran riset diikuti oleh sekitar 70 stan dari berbagai lembaga, yakni sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta terkemuka, industri, dinas, serta usaha kecil mikro dan menengah. Selain indoor, pameran juga akan dilangsungkan di area outdoor. Nantinya, di area outdoor akan dipamerkan produk unggulan seperti hewan ternak dan tumbuhan herbal yang dibiakkan oleh sejumlah fakultas di UNAIR.

Selain pameran, ada pula pelaksanaan seminar yang dihadiri oleh akademisi UNAIR dan pemangku kepentingan, misalnya seminar dan talkshow yang akan dihadiri oleh mantan pejabat pemerintahan, organisasi masyarakat, dan akademisi. Ada pula lokakarya penulisan karya tulis ilmiah yang akan diikuti siswa SMA/K se-Surabaya. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kepekaan dan pemahaman siswa tentang pentingnya menulis karya ilmiah.

Pada tahun 2016 ini, tema yang diangkat dalam perayaan Hari Jadi UNAIR adalah “62 Tahun Universitas Airlangga untuk Indonesia Adil dan Beradab”. Rektor UNAIR mengatakan, tema tersebut dipilih untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa UNAIR siap dan telah memberikan upaya dalam menjawab kondisi Indonesia terkini.

“Tema tersebut dipilih untuk menjawab kondisi terkini Indonesia yakni ketidakadilan, maka UNAIR bertekad mendorong dan segera mengupayakan keadilan dengan cara-cara yang beradab,” tutur Rektor UNAIR. (*)

Penulis: Defrina Sukma S
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu