Semangat Mahasiswa UNAIR dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
MAHASISWA UNAIR Banyuwangi “menatap dunia”, seusai mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda di Banyuwangi. (Foto: Setyo Agung Wahyudi)

UNAIR NEWS – Mahasiswa PDD Universitas Airlangga di Banyuwangi, Apik Mila Sari (20), mengatakan, sebagai warga negara yang baik, dan apalagi sebagai bagian dari pemuda, sudah menjadi kewajiban untuk mencintai tanah tumpah darahnya, dan wajib untuk terus meningkatkan wawasan dan berkarya untuk negeri.

”Sehingga, memperingati Sumpah Pemuda merupakan salah satu bentuk cinta tanah air kami kepada Indonesia, mengingat perjuangan para pahlawan dan pemuda-pemuda pada masa itu, hanya satu; untuk Indonesia. Kini giliran generasi kami untuk meneruskan perjuangan melalui ilmu pengetahuan dan prestasi agar dapat membanggakan nama Indonesia dimasa mendatang,” kata Apik.

Apik adalah satu puluhan mahasiswa PDD Universitas Airlangga Banyuwangi yang ikut serta dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, yang diselenggarakan Pemkab Banyuwangi, di Lapangan Blambangan, Jumat (28/10) lalu.

Setyo Agung Wahyudi, Bidang Kemahasiswaan PDD UNAIR Banyuwangi, menjelaskan, keikutsertaan mahasiswa UNAIR ini dalam rangka meningkatkan kontribusi mahasiswa sebagai tonggak penerus bangsa, maka sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa PDD UNAIR Banyuwangi untuk turut serta dalam peringatan ini.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda sebagai agenda wajib bagi rakyat Indonesia itu diadakan setiap tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan RI. Bahkan, ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita bangsa dan berdirinya negara Republik Indonesia.

Dengan mengenakan busana batik berbalut jas almamater UNAIR, semua mahasiswa berbaris rapi bersama dengan peserta upacara yang lain, baik dari jajaran Korpri dan staf Pemkab Banyuwangi serta unsur SKPD yang lain, lalu mengikuti jalannya upacara hingga selesai. (*)

Penulis: Siti Mufaidah
Editor: Bambang ES

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu