BPM Gelar Rapat Tinjauan Manajemen

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi website BPM

UNAIR NEWS – Setiap tahunnya, Universitas Airlangga melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) secara rutin mengadakan rapat tinjauan manajemen. Dalam rapat yang diikuti oleh seluruh pimpinan universitas, departemen, fakultas, badan, lembaga, direktorat, serta pusat di lingkungan UNAIR dibahas tentang penjaminan mutu yang berlaku dalam organisasi.

Menurut Ketua BPM Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, DEA., drh., ditemui di sela-sela rapat, Senin (31/10), mengatakan bahwa rapat tinjauan manajemen wajib diselenggarakan setelah menetapkan berbagai kebijakan mutu. Selain kebijakan, poin-poin yang dibahas antara lain pedoman mutu, sasaran mutu, implementasi kebijakan mutu, dan evaluasi dari hasil audit.

“Evaluasi melalui audit itu sebagai hasil review, kemudian berbagai macam kebijakan terkait, sumber daya yang ada, sarana prasarana yang tersedia, rencana-rencana ke depan berdasarkan mapping risiko dan peluang itu disampaikan dalam momen rapat ini,” tutur Ketua BPM UNAIR.

Berdasarkan audit internal terintegrasi atau yang biasa dikenal dengan Airlangga Integrated Management System (AIMS) yang diselenggarakan pada 13 September-21 Oktober lalu, ada banyak hal yang perlu diperbaiki. Meski diperlukan banyak perbaikan, sebagian besar unit kerja sudah mencapai tingkat excellent leader.  Tingkat excellent leader sendiri merupakan predikat tertinggi pada AIMS.

Setelah adanya audit internal, maka seluruh unit kerja baik tingkat universitas maupun fakultas, akan dihadapkan pada audit eksternal. Proses audit eksternal pada unit kerja akan dilakukan oleh auditor dari lembaga di luar UNAIR yang memiliki kapasitas untuk melakukan audit sistem dan kepatuhan.

Terkait dengan audit itu sendiri, Prof. Bambang mengatakan audit hanya sarana pengukuran terhadap kinerja. Meski demikian, tren peningkatan kinerja memang harus terjadi. “Karena mutu memang sudah harus menjadi budaya dan diaplikasikan dalam operasional sehari-hari,” imbuhnya. (*)

Penulis: Defrina Sukma S
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu