Khataman Quran Ramaikan Dies Natalis UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto: Alifian Sukma

UNAIR NEWS – Semarak perayaan Dies Natalis Universitas Airlangga ke-62 mulai terasa. Tercatat di awal bulan November ini, berbagai kegiatan terus bergantian mengiringi puncak dies yang akan jatuh pada tanggal 10 November 2016 nanti. Salah satu rangkaian kegiatan yang akan meramaikan dies tahun ini yakni  Khataman Al quran.

Rencananya, khataman Al Quran dengan hafalan ini akan diikuti oleh mahasiswa UNAIR penghafal quran. Ditemui di tempat kerja, Afri Andiarto, S.M., selaku penanggung jawab acara menuturkan bahwa kegiatan yang baru pertama kali digelar dalam serangkaian acara Dies Natalis UNAIR tersebut, dimaksudkan untuk mewujudkan bukti dari semboyan Excellence with Morality.

“Di antara kegiatan Dies Natalis tahun ini, sengaja diadakan kegiatan yang bernuansa religi. Kenapa demikian? Karena kita ingin mewujudkan semboyan UNAIR dan ingin menunjukkan bahwa buktinya ada,” jelas Afri yang juga merupakan staf Direktorat Kemahasiswaan UNAIR.

Rencananya, kegiatan yang akan dilangsungkan di Masjid Ulul Azmi Kampus C UNAIR ini, akan dimulai pada Kamis, (3/10) selepas Salat Ashar, dan dibuka langsung oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih, SE., MT., Ak., CMA.

Di hari pertama, mekanisme khatamannya akan dibaca tiap juz hingga pukul 22.00 WIB, kemudian akan dilanjutkan kembali di hari kedua, (4/10). Kegiatan tersebut juga akan ditutup dengan doa bersama yang dipandu oleh KH. M. Ihya’ Ulumiddin, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Haromain, Pujon, Malang.

“Meski yang khataman dari mahasiswa penghafal Quran, mahasiswa dan umum boleh ikut untuk menyimaknya,” terang Afri.

Dimulainya kegiatan khataman Dies Natalis ini, Afri menjelaskan bahwa acara tersebut menjadi langkah dari terbentuknya UKM Hifdzil Quran (HQ). Ia juga berharap, dengan acara tersebut iklim akademisi yang ada di UNAIR semakin  sejuk.

“Selain menjadi perintis untuk terbentuknya UKM HQ, semoga kegiatan yang baru pertama ini menjadi langkah awal mewujudkan Excellence with Morality, dan membawa kesejukan di kampus kita,” pungkasnya.(*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu