Jajaki peluang ASIA, NSYSU Bahas Kerjasama dengan UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
(Dari kiri) Prof. Chih Wen Kuo, Prof.Amin Alamsjah, saat pembahasan kerjasama, Kamis (27/10). (Foto: Faridah Hari)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai universitas dari seluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk menuju gerbang World Class University dan 500 dunia. Setelah menerima kunjungan kerjasama dari National Cheng Kung University Taiwan (26/10), kini delegasi National Sun Yat-sen University (NSYSU) Taiwan juga hadir ke UNAIR dengan tujuan yang sama, Kamis (27/10).

21 delegasi dari National Sun Yat-sen University hadir di Ruang Sidang Pleno Kantor Manajemen UNAIR. Kedatangan mereka disambut oleh Wakil Rektor III UNAIR Prof. Mochammad Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D,  Ketua International Office and Partnership Dian Ekowati, SE., M.Si., M.AppCom(OrgCh)., Ph.D., dan Wakil Dekan III dari beberapa fakultas di lingkungan UNAIR.

Tidak beda jauh dengan National Cheng Kung University, delegasi dari dari National Sun Yat-sen University juga melirik adanya peluang besar kerjasama di bidang pendidikan dengan UNAIR. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Chih Wen Kuo selaku Vice President for International Affairs mempresentasikan kegiatan hingga lingkungan akademik yang ada di NSYSU dan juga menawarkan beberapa program pendidikan seperti jenjang magister, doctor serta dual degree.

“Kami sudah punya banyak rekanan kerjasama internasional untuk program pendidikan, kami berharap UNAIR juga bisa bergabung dengan kami untuk sebuah kerjasama akademik,”  ujat Prof. Chih Wen Kuo

Menanggapi hal tersebut, baik Dian Ekowati maupun Prof. Amin Alamsyah dengan senang hati bila nantinya pembahasan kerjasama antara UNAIR dan NSYSU pasalnya banyak beberapa program studi di NYSYU serupa dengan program studi yang dimiliki UNAIR. Kerjasama akan dilakukan jika sudah ada kesepakatan MoU (Memorandum of Understanding) antara kedua belah pihak. Sama seperti pembahasan – pembahasan MoU Internasional sebelumnya, pihak IOP menunggu endorse atau permintaan dari beberapa fakultas terkait kerjasama yang memungkinkan untuk bisa dilakukan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.

“Untuk kerjasama yang bisa dilakukan dalam waktu dekat antara UNAIR dan NSYSU diantaranya Student Exchange. Selebihnya untuk program master , doktor maupun dual degree kita memerlukan waktu untuk Mapping  beberapa subjek yang ada di UNAIR dan NSYSU,” terangb Dian.

Ditemui di tempat terpisah, Viqi Ardaniah, M.A. Linguistics selaku staf ahli kerjasama luar negeri IOP mengatakan bahwa selain kerjasama pendidikan tidak menutup kemungkinan adanya kerjasama penelitian dan publikasi internasional antara NSYSU dan UNAIR, karena NSYSU juga sedang mengembangkan sayapnya di Asia untuk bidang penelitian dan publikasi.

“Kami berharap jika kerjasama ini sudah ada perjanjian antara UNAIR dan NSYSU bisa meningkatkan jumlah Outbound Student dan juga meningkatkan jumlah riset serta publikasi internasional,” ujar Viqi.

Penulis: Faridah Hari
Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu