KKN Tematik, Mahasiswa Asing UNAIR Dampingi Ibu Hamil

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Direktur Pendidikan Universitas Airlangga Prof. Dr. Dra. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si. (Foto: Defrina Sukma S)

UNAIR NEWS – Program Kuliah Kerja Nyata  – Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) ialah salah satu program unggulan yang dimiliki Universitas Airlangga. Melalui program KKN-BBM, mahasiswa UNAIR diajak untuk menyelami kehidupan serta berkenalan secara langsung dengan problema kehidupan yang dirasa warga.

Kali ini, sebanyak 36 mahasiswa asing dan lokal belajar bersama masyarakat dalam program KKN – BBM Tematik. Peserta KKN – BBM Tematik terdiri dari 5 mahasiswa S-1 UNAIR, 13 mahasiswa program Permata (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara), 11 mahasiswa asing dari Universitas Brunei Darussalam, dan 7 mahasiswa asing S-2 UNAIR.

Program tersebut dilaksanakan pada 30 September-5 November di dua kelurahan di Surabaya, yakni Kelurahan Airlangga, Gubeng, dan Kelurahan Menur Pumpungan, Sukolilo. Peserta KKN – BBM Tematik dibagi rata untuk diterjunkan di dua kelurahan tersebut.

Direktur Pendidikan UNAIR Prof. Dr. Dra. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si, mengatakan, KKN – BBM Tematik kali ini memilih untuk fokus pada topik menekan angka kematian ibu hamil dan bayi. Alasannya, angka kematian ibu dan bayi di Jawa Timur cukup tinggi.

“Kalau KKN – BBM reguler kan, ada empat bidang yaitu kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam KKN – BBM Tematik kali ini diambil yang bidang kesehatan, yaitu kematian ibu dan bayi. Tinggi angka kematian akibat ibu melahirkan cukup tinggi,” tutur Direktur Pendidikan UNAIR itu.

Guna menekan angka kematian ibu dan bayi, para mahasiswa peserta KKN – BBM Tematik ini diminta untuk berpartisipasi dalam sebuah komunitas di UNAIR bernama Gerakan Peduli Ibu dan Anak Sehat (Geliat). Komunitas Geliat itu dibentuk oleh pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR Dr. Nyoman Anita Damayanti, drg., M.Kes, dan mendapat dukungan dari United Nations Children’s Fund (UNICEF).

KKN BBM Tematik
Peserta KKN-BBM Tematik melakukan pendampingan terhadap ibu hamil. (Foto: Istimewa)

Salah satu peserta KKN – BBM Tematik di Menur Pumpungan, Winahyu Dwi Hapsari, bercerita mengenai pengalamannya ketika melakukan pendampingan kepada ibu hamil hingga masa nifas. Peserta diberi tugas untuk melakukan pendataan dan pendampingan kepada ibu hamil.

“Kita diberi saran oleh pihak Geliat untuk melakukan pendataan karena tidak semua ibu hamil itu didata. Kita datang secara door to door ke rumah ibu hamil. Dari pendataan itu, kalau mereka ada masalah, baru kita lakukan pendampingan. Karena dalam satu tim ada rekan dari FKM, maka kita juga memberi pengetahuan tentang kehamilan, seperti risiko dan bahaya,” tutur Winahyu yang juga mahasiswa S-1 Pendidikan Ners, Fakultas Keperawatan UNAIR.

Selama KKN – BBM Tematik berlangsung, selain pendampingan, peserta juga melaksanakan kegiatan pada bidang-bidang lainnya, sepert pendidikan, lingkungan, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat. (*)

Penulis: Defrina Sukma S
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu