NCKU Taiwan Ajak UNAIR Riset Biologi Molekuler

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Serah terima suvenir antara pihak UNAIR dan NKCU. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga terus berupaya untuk memperkuat jejaring kerja sama internasional. Kali ini, UNAIR kedatangan delegasi Institute of Molecular Medicine, National Cheng Kung University Taiwan (NCKU) untuk membahas perihal kolaborasi di bidang biokimia dan kedokteran molekuler. Kunjungan dilaksanakan di Ruang Sidang Pleno, Senin (25/10).

Kedua delegasi NCKU yang hadir dalam pertemuan koordinasi itu adalah Prof. Hsiao- Fang Sun dan Hashimoto Mayasuki. Dalam pertemuan itu, delegasi Taiwan mengenalkan beragam program riset peneliti Institute of Molecular Medicine, serta menawarkan kerja sama pendidikan jenjang master dan doktor.

Menanggapi tawaran delegasi, Wakil Rektor III UNAIR Prof. Ir. M. Amin Alamsjah, M.Si., Ph.D, mengharapkan agar bidang kerja sama antara kedua belah pihak ini bisa segera ditindaklanjuti dan juga manjadi MoA yang aktif. Jika sudah ada payung MoA, kerja sama bisa diperluas untuk tahap kolaborasi riset dan publikasi.

Menambahkan keterangan Prof. Amin, Ketua International Office and Partnership (IOP) UNAIR Dian Ekowati, Ph.D., mengatakan pihaknya saat ini tengah menunggu tindak lanjut kerja sama dari fakultas dan unit-unit di UNAIR yang berkaitan dengan tawaran dari Institute of Molecular Medicine, NCKU. Setelah itu, pelaksanaan MoA akan dipercepat.

Sebelumnya, UNAIR dan NCKU memiliki program yang aktif dilaksanakan di bawah MoA. Beberapa fakultas sudah melaksanakan skema program di bawah NCKU. “MoU UNAIR dengan NCKU ini termasuk kerja sama yang aktif. Sudah ada beberapa fakultas yang sudah menjalankan MoA-nya dengan NCKU seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Keperawatan dan Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK),” ujar Dian.

Dengan adanya kolaborasi dari pihak antara UNAIR dan NCKU, Ketua IOP itu berharap angka mahasiswa perguruan tinggi luar negeri yang studi di UNAIR (inbound student) bisa bertambah. Selain itu, peringkat UNAIR menuju posisi yang lebih baik seiring dengan kolaborasi riset dan publikasi jurnal. (*)

Penulis: Faridah Hari
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu