Workshop Vokasi UNAIR Bahas Capaian Pembelajaran Pendidikan Tinggi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Peserta Workshop dari 14 Perguruan Tinggi Berpose Bersama di Hotel Swiss Berlin, Surabaya. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Prodi D-3 Kearsipan dari 14 Perguruan Tinggi berkumpul di Hotel Swiss Berlin, Surabaya, untuk mengikuti sebuah lokakarya bertajuk Perumusan Capaian Pembelajaran Pendidikan Tinggi Vokasi. Selain Perguruan Tinggi dari Jawa, 14 Perguruan Tinggi yang mengikuti workshop sebagian di antaranya dari Sumatera Utara, Bengkulu, dan juga Padang.

Bahasan dalam acara yang dihelat selama tiga hari berturut sejak tanggal 18 tersebut fokus pada dua prodi, yaitu perpustakaan dan kearsipan serta manajemen perkantoran dan kesekretariatan.

“Acara ini merupakan amanah dari DIKTI yang memerintahkan setiap prodi yang sama di perguruan tinggi harus memiliki capaian pembelajaran dan profil lulusan,” jelas Endang Fitriyah Mannan, S.Sos., M.Hum, Ketua Prodi D-3 Teknisi Perpustakaan UNAIR.

Para pemateri yang dihadirkan dalam workshop tersebut, di antaranya Ir. Hotma Prawoto Sulistiyadi, MT, yang pernah menjabat sebagai Direktur Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Djoko Agus Purwanto, Apt., M.Si yang merupakan Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan UNAIR. Kemudian Dr. Pawit M Yusuf, M.Si dari Universitas Padjajaran Bandung. Terakhir, Sancoko, S.Sos., ME, staf pengajar Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretaris Program Vokasi Universitas Indonesia.

“Kami setidaknya merumuskan capaian pembelajaran dan profil lulusan dengan ketentuan sikap umum, keterampilan umum serta keterampilan khusus pada mahasiswa,” tutur Endang.

Endang mengungkapkan bahwa capaian yang telah dirumuskan ini akan dilanjutkan ke Asosiasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Perpustakaan Indonesia. “Hasil dari musyawarah ini nantinya akan dilanjutkan ke Asosiasi dan diteruskan ke DIKTI untuk disetujui,” tandasnya.

“Dengan adanya capaian tersebut maka mahasiswa dari dua prodi ini menjadi lulusan yang siap bekerja sesuai kebutuhan pasar,” pungkasnya.(*)

Penulis : Akhmad Janni
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu