Delegasi UNAIR Sabet Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Nasional di Makassar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penyerahan piala Pekan ilmiah dan Kreativitas Remaja Nasional 2016. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Tiga delegasi Universitas Airlangga mengharumkan nama kampus melalui ajang Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja 2016, yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Makassar. Ketiganya adalah Leny Yulyaningsih mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Wika Nastiti Prana Yuanti (FISIP), dan Ahmad Farid Ary Wardana mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK).

Ketiganya merupakan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran UNAIR. Kompetisi di Universitas Muhammadiyah Makassar yang diadakan pada 20-24 Oktober tersebut berhasil membawa Juara I bagi ketiganya. Karya tulis yang mengantarkan ketiganya menyabet juara pertama berjudul “Asuransi Sehat Desa Pesisir (ASDP) Berbasis Syariah Dengan Premi Limbah Kerang sebagai Usaha Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Pesisir Pantai Kenjeran Surabaya”.

“Awal pengiriman naskah itu tentunya kita cari tema dulu, akhirnya kita memutuskan ambil tema Ekonomi. Kemudian kita nyari masalah disekitar kita, akhirnya ketemu. Kemudian aspek Ekonominya kita pakai asuransi syariah,” ujar Leny.

Proposal yang dikirim Leny dan tim masuk dalam 15 besar. Selanjutnya, mereka melakukan presentasi langsung di Universitas Muhammadiyah Makassar. Leny mengatakan, pemilihan tema tersebut didasari oleh fenomena banyaknya limbah kerang yang melimpah jumlahnya di pesisir Pantai Kenjeran sehingga mencemari lingkungan.

Dari usaha Leny dan kawannya satu tim, serta dukungan dari rekan-rekan di UKM Penalaran, karya tulis ilmiah Leny dan tim menduduki nilai tertinggi pada ajang tersebut. Leny dan tim merasa haru dan senang atas kerja kerasnya.

Selain itu, Leny juga merasa senang karena di ajang ini, dia bisa bersilaturahmi dengan antar peserta dari seluruh Indonesia. Sebagian besar dari mereka, merupakan anggota UKM serupa di masing-masing universitas.

“Berhubung kita se-nasional dan rata-rata pesertanya dari UKM Penalaran universitas masing-masing, jadi pada kenal. Misalnya, dari universitas lain yang pernah mengikuti lomba dari UKM Penalaran UNAIR, lebih ramah menerima kedatangan kita. Kita diajak jalan-jalan tambahan. Branding UKM Penalaran bermanfaat banget,” kenang Leny. (*)

Penulis : Faridah Hariani
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu