Mengkaji Dua Film Religi, Intan Fitranisa Lulus Terbaik S2 FISIP

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Intan Fitranisa, M.Med., Kom, wisudawan terbaik S2 Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik dengan IPK 3,86 (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Siapa yang tidak mengenal film 99 Cahaya di Langit Eropa dan Haji Backpaker”? Keduanya merupakan film Indonesia yang laris ditonton oleh masyakarat Indonesia karena menampilkan corak identitas keislaman yang unik dan beragam. Bagi Intan Fitranisa, M.Med., Kom, kajian mengenai film tersebut menumbuhkan keinginan untuk menjadikannya sebagai penelitian akhir studi program masternya di FISIP UNAIR.

Mengapa ia menulis tesis berjudul “Membaca film Indonesia bertema Religi: Studi Film Discourse Interpretation tentang Identitas Keislaman dalam film 99 cahaya di Langit Eropa & Haji Backpacker”, karena ia melihat dua film itu menawarkan diskursus berbeda tentang identitas keislaman dalam konteks global.

“Bagi saya, meneliti tentang media dan Islam adalah hal yang baru, karena sebelumnya saya lebih banyak belajar tentang perempuan, gender, dan etnisitas,” kata alumni SMAN 5 Surabaya kelahiran 18 Mei 1998 ini.

Dijelaskan, film 99 Cahaya di Langit Eropa dan Haji Backpacker menunjukkan adanya perbedaan formasi diskursif tentang identitas keislaman yang ditawarkan kedua film. Hal ini disebabkan film 99 Cahaya di Langit Eropa dan Haji Backpacker mengambil locus berbeda dalam merepresentasikan identitas keislaman pada konteks global.

Penelitian ini ia lakukan selama dua semester, dibimbing oleh Prof. Rachma Ida, Dra., M.Comm., Ph.D dan Dr. Yayan Sakti Suryandaru, S.Sos., MSi. Intan mengaku keduanya memberikan tantangan dalam penelitian, khususnya dalam teori dan metodologi serta ketelitian dalam mengoreksi tugas akhirnya secara detail. Disela kuliah ia aktif di berbagai aktivitas peneliti, konsultan, dan berkesenian.

Lulus dengan IPK 3,86 dan dinyatakan sebagai wisudawan terbaik S2 FISIP, Intan mengaku bahwa yg ia raih ini hasil usaha total dalam mengerjakan apapun selama di kampus. Selain itu ia juga menyukai apa yang ia lakukan. “Untuk ini saya sangat berterima kasih kepada kedua orang tua karena memberikan kepercayaan penuh untuk menjalani apa yang sudah jadi passion saya sejak lama,” kata Intan.(*)

Penulis: Moh Ahalla Tsauro
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu