Mahasiswa Profesi Keperawatan UNAIR PKL di Krembangan Surabaya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNAIR melayani masyarakat yang berkonsultasi dan memeriksakan gula darah dan tensinya, dalam baksos di arena “Roadshow ahlawan ekonomi” di Kel. Dupak Bandarejo, Surabaya, Minggu (16/10). (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Mahasiswa Program Professi Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga ikut meramaikan acara Pemkot Surabaya “Roadshow Pahlawan Ekonomi” yang digelar di Kelurahan Dupak Bandarejo, Kecamatan Krembangan, Minggu (16/10) pagi. Stand mahasiswa FKp paling banyak dikunjungi warga, terutama para lansia (lanjut usia) yang ingin melakukan tensi, pengecekan gula darah dan konsultasi kesehatan. Acara belum mulai bahkan sudah banyak “mencuri start” yang minta dilayani.

Zaki Mubarak, Ketua Panitia FKp UNAIR dalam baksos ini mengatakan, mahasiswa yang terjun dalam roadshow ini merupakan kelompok B-17 gelombang I. Mereka selama enam minggu sebelumnya sudah melakukan PKL (Praktik Kuliah Lapangan) di RW IV dan RW V Kelurahan Dupak Bandarejo. Karena PKL-nya kurang satu minggu, dan kebetulan di wilayah ini mendapat giliran roadshow “Pahlawan Ekonomi”, maka atas undangan lurah setempat, mahasiswa PKL diminta membuka layanan sosial tersebut.

”Secara bergiliran yang bertugas melakukan pengecekan gula darah dan tensi adalah mahasiswa S1, sedang yang melayani konsultasi kesehatan ini kami hadirkan sejawat S2 Keperawatan,” kata Zaki.

Dijelaskan, yang dimaksud Kelompok B-17 ini adalah mahasiswa Program Pendidikan Professi (S1) FKp yang berasal dari alih jenis (D3) atau yang sudah bekerja (tugas belajar). Angkatan B-17 Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga ini terdapat 83 orang, dibagi dalam dua gelombang. Gelombang I ini terdapat 40 mahasiswa, sedang gelombang II sisanya akan melakukan PKL selanjutnya, mulai minggu kedelapan dan seterusnya.

”Jadi PKL ini semacam KKN (Kuliah Kerja Nyata) itu, tetapi dalam aktivitas ini kami harus setahu dan dalam arahan serta pengawasan Puskesmas setempat,” tambah Zaki Mubarak.

Program kerja yang dilaksanakan selama KKL ini, secara garis besar ada empat hal: yaitu masalah kesehatan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), kesehatan lingkungan, kesehatan remaja, dan kesehatan lansia. Termasuk didalamnya UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) pada sekolah-sekolah yang ada. Jadi semua diperuntukkan warga masyarakat setempat: apa yang dibutuhkan warga, tindak lanjutnya, dan sebagainya.

“Sehingga tugas yang kami lakukan disini antara lain penyuluhan-penyuluhan semua masalah kesehatan, jadi termasuk tentang gaya hidup sehat. Karena itu dengan diikutkan dalam roadshow ini kami juga berterima kasih, sebab kami bisa memberi penyuluhan secara lebih luas kepada masyarakat yang datang di acara ini,” tambah Zaki Mubarak. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu