Sejak 1975, FKH UNAIR Luluskan 3.952 Dokter Hewan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pelantikan dokter hewan Universitas Airlangga ke - 157. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga kembali meluluskan para dokter hewan baru. Acara pelantikan dokter hewan UNAIR ke-157 yang diikuti sebanyak 141 dokter hewan baru itu digelar pada Rabu (12/10). Setelah diambil sumpah profesi, mereka kemudian dilantik dan siap menjalankan profesi baru menjadi dokter hewan secara resmi.

Selain dihadiri 141 dokter hewan baru, acara pelantikan itu dihadiri oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak, Dekan FKH UNAIR Prof. Dr. Pudji Srianto, drh., M.Kes, Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jawa Timur Prof. Dr. Suwarno dan tamu-tamu penting lainnya. Acara digelar di Airlangga Convention Center (ACC) UNAIR Kampus C.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Dekan FKH Prof. Pudji dalam sambutannya. Yaitu, para lulusan baru diharapkan bisa melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kesejahteraan hewan (animal welfare). Kedua, menyusun manajemen kesehatan hewan, terjaganya populasi hewan dan pasokan protein hewani. Ketiga, menegakkan pilar “Satu Sistem Kesehatan” yang berkaitan dengan zoonosis dan food borne diseases.

Ketua PDHI cabang Jatim Prof. Suwarno mengatakan bahwa dokter hewan memiliki peran penting dalam penanggulangan penyakit. Dokter hewan juga memiliki otoritas veteriner yang memegang jabatan tertinggi bidang kesehatan hewan. Selain itu, dokter hewan memiliki otoritas medis veteriner dengan kompetensi keilmuan yang terjamin.

Prof. Suwarno menambahkan, dokter hewan juga memiliki peran sebagai jembatan kesehatan hewan dan manusia. Persoalan antara kesehatan hewan dan manusia yang perlu dijembatani antara lain pencegahan penyakit dan wabah penyakit hewan, perlindungan kesehatan manusia dari bahaya yang bersumber dari hewan, dan perlindungan kesejahteraan hewan.

Sejak tahun 1975, FKH UNAIR telah meluluskan sebanyak 3.952 orang sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Harian Ikatan Keluarga Alumni FKH UNAIR Dr. Iwan Sahrial Hamid, drh., M.Si. “Dokter hewan alumni FKH UNAIR berjumlah 3.952 orang yang tersebar di seluruh Nusantara bahkan di berbagai negara seperti Kanada, Amerika, Australia, dan negara ASEAN,” tutur Iwan. (*)

Penulis: Defrina Sukma S
Editor    : Faridah Hari

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu