Universitas Airlangga Jalin Kerjasama dengan PT. Petrosida Gresik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Selesai penandatangan MoU, Rektor UNAIR Prof. M Nasih didampingi Direktur PT Petrosida Gresik dan hadirin lain meninjau pabrik tersebut. (Foto: Aditya GR)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga melakukan kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan PT Petrosida Gresik. Penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antar kedua lembaga itu dilakukan oleh Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., MCA bersama Direktur PT. Petrosida Drs. Hery Widyatmoko., Ak., MM., di ruang pimpinan PT Petrosida Gresik, Senin (10/10) kemarin.

Dalam nota kesepahaman itu disebutkan bahwa obyek kerjasama antara-kedua lembaga adalah bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat. PT Petrosida merupakan perusahaan bahan aktif pestisida dan formulasinya serta beberapa produk berbasis bio untuk pertanian dan perikanan.

Direktur PT Petrosida Hery Widyatmoko berharap dengan penandatanganan MoU ini bisa menjadi jalinan kerjasama yang melahirkan sebuah hasil  yang diinginkan, baik dari segi pendidikan dan penelitian yang bisa diperhitungkan. Bagi Petrosida, melakukan kerjasama ini sudah yang kesekian kalinya, sebab sebelumnya juga sudah dengan beberapa lembaga lain.

Pada kesempatan itu juga dibahas rencana kerjasama dengan Universitas Airlangga di bidang pengembangan enzim xilanase hasil penelitian Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih., M.Si. Untuk itu pihak Petrosida sebelumnya telah bertemu dengan Prof. Nyoman Tri Puspaningsih, Direktur Pendidikan UNAIR yang juga Guru Besar pada Departemen Kimia FST guna mengkaji perihal tersebut. Seperti diketahui bahwa Enzim xilanase merupakan salah satu enzim yang digunakan dalam pembuatan kertas.

“Beberapa waktu lalu kami sudah bertemu dengan Bu Nyoman, dan sudah mengkaji mengenai hasil penelitian tentang enzim xilanase. Untuk skala laboratorium dari enzim xilanase yang dibuat Prof. Nyoman itu sudah memenuhi syarat untuk dipasarkan,” kata Hery Widyatmoko.

Hal senada juga disampaikan Prof. Mohammad Nasih. Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Petrosida yang telah menyambut baik kehadiran Universitas Airlangga, dan juga telah bersedia melakukan kerjasama dengan UNAIR.

“Kami berterimakasih kepada PT. Petrosida yang mau menerima kami. Kami juga siap untuk menyediakan tenaga pendidik untuk PT Petrosida jika diperlukan untuk pelatihan atau workshopworkshop. Kami juga siap menyediakan tenaga peneliti untuk membantu,” ujar Prof. Nasih

Dalam pertemuan tersebut turut hadir beberapa pimpinan kedua lembaga, diantaranya Wakil Rektor IV UNAIR, Djunaidi Khotib bersama staf, serta manajemen PT. Petrosida. Setelah penandatanganan MoU itu, pihak Petrosida membawa para tamunya dan yang hadir lainnya untuk meninjau proses pengolahan enzim di pabrik tersebut. (*)

Penulis: Faridah Hariani
Editor: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu