Pengantar dan Praktik Aplikasi Perpajakan bagi Mahasiswa Perpajakan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa Perpajakan Berlatih Menggunakan Piranti Lunak e-SPT. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa anggota Himpunan Mahasiswa Prodi Perpajakan mengadakan rangkaian acara dalam menyambut mahasiswa baru salah satunya Kuliah Umum Perpajakan. Acara yang diwajibkan bagi mahasiswa baru ini diisi oleh pemateri dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Konsultan Pajak (KKP) Multi Utama Consultindo (MUC).

Kuliah Umum Perpajakan yang dilakukan pada hari Jumat (07/10) berlangsung selama tiga jam itu dilaksanakan di Airlangga Hall Fakultas Vokasi. Acara dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Vokasi, Dr. Widi Hidayat,SE., M.Si., Ak., CA dan Direktur MUC, Otto Budihardjo, MM., BKP. Turut hadir pula Wakil Dekan I Fakultas Vokasi, Prof. Dr. Retna Apsari,M.Si.

Mahasiswa baru diberikan pengantar terkait gambaran ilmu dan praktik perpajakan. Harapannya,  kuliah ini dapat membuka wawasan mahasiswa baru tentang prodi yang ditekuninya sehingga terbangun pemahaman selama menjalani kuliah.

Selain materi, acara diteruskan dengan praktik aplikasi perpajakan bagi mahasiswa semester akhir. Praktik aplikasi yang ada dipandu oleh trainer dari MUC. Acara ini diikuti secara antusias oleh mahasiswa Perpajakan. Bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diwajibkan untuk membawa laptop sendiri.

Panitia dalam kesempatan ini memilihkan e-SPT Pajak Penghasilan Badan sebagai menu utama pelatihan aplikasi perpajakan. Alasannya, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi penopang mahasiswa yang akan lulus. Selain itu, mahasiswa dilatih untuk menggunakan piranti lunak yang akan ditekuni sewaktu memasuki dunia kerja. Pelatihan ini juga menjadi nilai tambah bagi mahasiswa dengan bukti sertifikat keikutsertaan pelatihan.

Penulis: Okta Hardinata (sivitas akademika Fakultas Vokasi)
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu