Adakan Pengmas Dengan Galang Donor Darah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan donor darah dan konsultasi kesehatan di Kantor Manajemen UNAIR dilaksanakan pada Selasa (11/10). (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Kegiatan donor darah nampak mengakar di sivitas akademika Universitas Airlangga. Betapa tidak, kegiatan donor darah sering sekali dilangsungkan di lingkungan UNAIR. Selasa (11/10), donor darah dilangsungkan di hall Kantor Manajemen, Kampus C, UNAIR.

Donor darah kali ini terselenggara atas kerjasama dari Divisi Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa – Keluarga Mahasiswa (BEM – KM) UNAIR bekerja sama dengan Divisi Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas se-UNAIR. Acara bertajuk “Bulan Bakti Sehat Airlangga” itu dilaksanakan selama empat hari berturut-turut pada Selasa (11/10) sampai Jumat (14/10).

Ada dua acara yang tergabung dalam “Bulan Bakti Sehat Airlangga”. Kedua acara tersebut yakni donor darah dan konsultasi kesehatan berupa tes gula darah dan asam urat. Dalam acara itu, mahasiswa dan karyawan bisa mendonorkan darah – apabila lolos kualifikasi – dan tes kesehatan secara gratis.

Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat BEM KM UNAIR Fardhan Setyo Alamsyah ketika diwawancarai mengatakan, acara yang dilaksanakan selama empat hari berturut-turut itu dilaksanakan di empat titik di UNAIR. keempat titik tersebut yaitu Airlangga Medical Education Center (AMEC) kampus A, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Kampus B, halaman Perpustakaan UNAIR Kampus B, dan hall Kantor Manajemen UNAIR Kampus C.

Dengan adanya kegiatan donor darah, Fardhan berharap stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) bisa tercukupi setiap waktu. “Harapannya, kebutuhan darah di PMI bisa terpenuhi. Karena PMI sendiri kan, masih butuh banyak darah. Dengan adanya kegiatan sederhana seperti ini, saya berharap kita bisa berkontribusi terhadap masyarakat melalui acara ini,” tutur Fardhan yang juga mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR itu.

Pelaksanaan kegiatan donor darah dan konsultasi kesehatan di Kantor Manajemen UNAIR dilaksanakan pada Selasa (11/10). Nampak tak sedikit mahasiswa dan karyawan mendaftarkan diri untuk melakukan donor darah dan tes kesehatan.

Salah satu petugas PMI, Dian, menyampaikan, dengan adanya kegiatan donor darah seperti yang dilaksanakan atas kerjasama BEM KM UNAIR dan BEM fakultas se-UNAIR ini, pihaknya merasa terbantu melalui pengumpulan kantong darah. Sebab, PMI akan melakukan jemput bola terhadap pihak-pihak yang mau mendonorkan darah.

“Kami senang ya, dengan adanya kegiatan seperti ini. Karena kita harus jemput bola dengan teman-teman yang ingin donor darah,” ujar Dian.

Ditanya tentang target, pihak PMI tak pernah menargetkan jumlah kantong darah dalam setiap event. Karena ia ingin darah yang berhasil dikumpulkan benar-benar berkualitas, sehingga proses donor darah dilakukan dengan ketat. (*)

Penulis : Defrina Sukma S
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu