Mahasiswa FST Budidaya Hidroponik Bersama Siswa MTs Amanatul Ummah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Hamzah Solim saat memberikan pelajaran menanam hidroponik di MTs Amanatul Ummat. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Mahasiswa S2 Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR M. Hamzah Solim melakukan kegiatan budidaya hidroponik bersama para siswa-siswi MTs Amanatul Ummah Mojokerto, Jumat (7/10). Mereka memanfaatkan lahan produktif di sekitar sekolah. Lahan tersebut berada pada sebuah teras di ruangan lantai 2 yang sudah tidak digunakan lagi.

Teknik hidroponik dipilih karena para siswa ingin mempraktekkan sendiri cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, tetapi dengan media air yang diberi pupuk cair hidroponik. Hasilnya, berupa sayuran organik tanpa pestisida.

“Memang para siswa kita latih untuk mandiri dalam hal bercocok tanam, sekaligus mengaplikasikan ilmu yang dipelajari saat dikelas”, tutur M. Hamzah Solim.

Mahasiswa asal Medan itu mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anak-anak agar lebih kreatif dalam memanfaatkan botol-botol bekas dan mampu mengoptimalkan lingkungan di tempat tinggalnya kelak.

“Senang rasanya bisa nanam kangkung cuma sebulan, dan bisa panen langsung bareng teman-teman,” tutur Ifa, salah satu siswa kelas 9D.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian para siswa dalam memanfaatkan barang- barang bekas dan tempat-tempat yang nonproduktif. Selain itu, mereka bisa langsung mempraktekkan ilmu yang sudah didapatnya saat di kelas. (*)

Penulis: Rio F. Rachman
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu