Qabilah Cita Kurnianusa Nastiti Sumarsono wisudawan terbaik S-2 FKH periode September 2016 dengan meraih IPK 3,95. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Penyakit Anisakiasis yang disebabkan oleh cacing Anisakis spp, masih jarang terdengar dan diteliti di Indonesia. Anisakiasis ini merupakan penyakit zoonosis yang dapat terjadi bila manusia memakan ikan setengah matang. Di Jepang, kasus ini banyak terjadi karena masyarakat setempat gemar makan sushi.

Inilah yang mendorong Qabilah Cita Kurnianusa Nastiti Sumarsono untuk melakukan penelitian dengan mengambil sampel ikan tongkol di Tempat Pelelangan Ikan, Kranji, Lamongan. Alasannya, TPI Kranji merupakan TPI yang cukup besar di Jawa Timur.

Mahasiswi prodi S-2 Ilmu Penyakit dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) ini menulis tesis “Profil Morfologi Tipe Anisakis spp. pada Ikan Tongkol (Euthynnus sp.) di TPI Kranji Lamongan dengan Menggunakan Metode Scanning Electron Microscope (SEM)”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Anisakis spp yang ditemukan pada ikan tongkol di TPI Kranji adalah Anisakis tipe 1 teridentifikasi larva berwarna putih. “Saya menemukan Anisakis spp. tipe 1 dengan ditemukan adanya mucron di bagian posterior. Itu dapat dilihat dengan jelas melalui alat bantu Scanning Electron Microscope (SEM) yang saya lakukan di Fakultas Kedokteran UNAIR,” ujar Cita.

Penelitian ini dilakukan selama dua bulan, dibimbing oleh Dr. Kusnoto, drh., M.Si. dan Prof. Dr. Rahaju Ernawati, drh., M.Sc. Penelitian inilah yang mengantarkan Cita menjadi wisudawan terbaik S-2 FKH periode September 2016 dengan meraih IPK 3,95.

Selama menempuh studi S-2, alumnus SMAN 1 Lamongan ini juga aktif mengajar di Fakultas Peternakan Universitas Islam Lamongan (UNISLA). Ia juga aktif mengabdi sebagai Tenaga Harian Lepas  Medik Veteriner Kementerian Pertanian sebagai Kepala Pusat Kesehatan Hewan di Kec. Sukodadi, Kab. Lamongan. (*)

Penulis: Moh Ahala Tsauro
Editor: Defrina Sukma S

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone