UKM Pramuka, Berkemah dan Menyelami Kehidupan Wirausaha

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kunjungan peserta Basic Scout Camp (BSC) ke perajin tempe dan tahu di Sidoarjo. Kegiatan BSC diselenggarakan oleh anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Airlangga selama empat hari. (Foto: Akhmad Janni)

UNAIR NEWS –  Pramuka biasanya identik dengan perkemahan yang dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu (Perjusa/Perkemahan Jumat-Sabtu), atau Sabtu dan Minggu (Persami/Perkemahan Sabtu-Minggu). Namun, tidak bagi mahasiswa Universitas Airlangga yang bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka.

Selama empat hari, Kamis malam (29/9) sampai Minggu sore (2/10), anggota UKM Pramuka menyelenggarakan acara Basic Scout Camp (BSC) di dua tempat. Basis perkemahan ditempatkan di lingkungan kampus C UNAIR dan Desa Spande, Candi, Sidoarjo.

Perkemahan ini memang berbeda dari yang biasanya. Selain melakukan camp, mereka melaksanakan kegiatan berkemah, pelatihan kepenulisan, dan belajar wirausaha bersama masyarakat. “Pada kegiatan BSC, ini kami sengaja memadukan berkemah dan bermasyarakat. Jadi, kami secara langsung mengikuti kegiatan masyarakat,” tutur Khoirul Anam sebagai ketua pelaksana BSC.

Pada akhir pekan, rombongan UKM Pramuka melakukan kunjungan ke tempat workshop pembuatan tempe dan tahu milik pengusaha di sana. “Selain itu, para peserta langsung ditempatkan di pekarangan milik Prof. Budi. Di pekarangan itu ada sapi dan kambing sehingga para peserta dapat secara mengetahui dan angon sapi serta kambing,” pangkas Anam.

Salah satu peserta yang mengikuti BSC itu adalah Eka Titik. Mahasiswa Psikologi yang menjabat sebagai Ketua UKM Pramuka itu mengatakan kegiatan BSC cukup asyik untuk diikuti. Bagian yang paling menarik menurut Eka adalah ketika dirinya bisa langsung mengetahui proses pembuatan tahu dan tempe secara langsung.

“Materinya asyik dan acara kunjungannya juga seru. Saya bisa tahu secara langsung pengolahan tempe dan tahu, tidak melalui buku atau televisi,” ujarnya.

Begitu pula dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ahmad Nur Hadi. Kegiatan BSC itu juga telah menambah pengalaman dan pengetahuannya khususnya di bidang kepenulisan ekonomi. “Untuk materi menulis dan praktik, kegiatan tersebut cukup memotivasi saya untuk menulis non fiksi. Pas kunjungan, wawasan ekonomi saya juga bertambah,” ungkap Hadi yang juga sebagai wakil Ketua UKM Pramuka ini.

Selain mereka berdua, ada pula mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Reny Rachmalia yang juga mendapatkan pengalaman baru melalui kegiatan BSC. “Ini baru pertama kalinya aku tidur di kandang, dan praktik menulis minimal 500 kata. Akhirnya, saya juga cukup termotivasi untuk sering menulis,” cerita Reny.

Penulis: Akhmad Janni

Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu