Menikmati Pembelajaran, Kiat Rahma Sugihartati Jadi Wisudawan Terbaik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rahma Sugihartat, dosen IIP FISIP UNAIR akhirnya meraih predikat wisudawan terbaik S-3 FISIP UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Menikmati proses pembelajaran merupakan salah satu kunci sukses Rahma Sugihartati dalam menempuh studi. Ia berusaha menikmati proses pembelajaran, termasuk membaca referensi dan mengerjakan tugas kuliah, sehingga mampu menjalani tanpa harus terbebani. Dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) FISIP UNAIR ini akhirnya meraih predikat wisudawan terbaik S-3 FISIP UNAIR dalam wisuda September 2016. Predikat itu kian sempurna dengan raihan IPK yang juga sempurna, yakni 4.0.

“Saya menyadari kesulitan yang kerapkali dihadapi mahasiswa adalah bagaimana menjaga agar passion untuk belajar tetap hidup. Banyak mahasiswa ketika kuliah bersama di kelas, ia rajin, tapi ketika harus kerja mandiri untuk menulis disertasi, ia berhenti. Intinya, menikmati dan menjaga api semangat belajar tetap menyala itulah kunci sukses mahasiswa,” tutur Ketua Departemen IIP FISIP UNAIR ini.

Alumni SMA Santa Maria Surabaya ini melakukan penelitian sesuai kompetensinya dan terkait dengan dampak internet, perkembangan masyarakat informasi dan minat baca. Lalu, wanita kelahiran 1 April 1965 ini menulis disertasi “Subkultur Anak Muda Digital Fandom Budaya Populer Global. Analisis Wacana Tentang Konsumsi dan Produksi Makna Teks Budaya di Era Digital.” Ia memilih judul itu karena sesuai minat dan mata kuliah yang ia ajarkan (masyarakat informasi). Selain itu, kajian ini merupakan bagian dari perkembangan masyarakat post-modern yang jarang dikaji/diteliti.

Sukses menyelesaikan penelitian selama dua tahun ini juga tak lepas dari promotornya, Prof. Heru Nugroho, Ph.D dan Co-Promotornya, Prof. Rachmah Ida, Ph.D. Ibu satu anak ini merasa beruntung dibimbing oleh ahli di bidang yang ia teliti dan sangat memberi keleluasaan untuk mengeksplorasi analisis dan implikasi teoritik dari studi yang dia lakukan.

Rahma juga rajin menulis. Diantara bukunya yang sudah terbit adalah “Membaca, Gaya Hidup dan Kapitalisme” (2010; Graha Ilmu), “Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori-Teori Sosial Kontemporer” (2012; Prenada Kencana Media). (*)

Penulis: Moh Ahala Tsauro
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu