Sambut Tahun Baru Hijriah dengan Adakan Kampanye Positif

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
stiker motivasi dengan mengusung tema memasuki 1 Muharram. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dalam rangka menyambut tahun baru hijriah, Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKM-KI) Universitas Airlangga menyelenggarakan serangakain acara bertajuk “Milad Tahun Hijriah”. Acara berlangsung semarak di kampus C, UNAIR, sejak Sabtu-Minggu (1-2/10).

Tema acara kali ini yaitu “Bangkit untuk Berjaya, Membangun Peradaban Indonesia”. Rangkaian acara diwarnai dengan agenda peningkatan spiritual bagi mahasiswa. Diantara kegiatan tersebut yaitu kajian istimewa Gerakan Subuh Jamaah Nasional (GSJN) yang diisi oleh Bustomi selaku pengamat politik sekaligus alumnus Hubungan Internasional UNAIR, pada Sabtu malam (1/10).

Arif Fatchurahman Ketua BEM UNAIR periode 2010-2011 memberi materi serupa pada Minggu (2/10) selepas subuh.  Kemudian, acara dilanjutkan dengan kampanye edukasi tahun baru hijriah yang dilaksanakan di danau Kampus C, UNAIR, selepas salat ashar.

GSJN merupakan gerakan untuk membiasakan mahasiswa melaksanakan ibadah salat subuh berjamaah di masjid. Pasca melaksanakan ibadah salat subuh, dilanjutkan dengan materi sebagai langkah memotivasi mahasiswa di bidang pemahaman keislaman.

Selanjutnya, UKM-KI menyelenggarakan kampanye yang diadakan dengan pembagian buku disertai stiker motivasi dengan mengusung tema memasuki 1 Muharram. Kampanye ini diselenggarakan pukul 15.00 WIB, sekaligus memanfaatkan momen masyarakat ketika bersama keluarga menikmati keindahan danau. Kampanye ini mendapat respon positif, baik dari segi mahasiswa hingga masyarakat umum.

“Pada dasarnya tahun-tahun akan terus berganti. Tidak hanya tahun masehi yang dianggap memiliki nilai value untuk berhijrah, melainkan tahun hijriyah juga penting sebagai momen kebangkitan semangat muda kita,” kata Ahmad Mubarok, Ketua UKMKI.

Dengan diadakan acara ini, harapannya, esensi pergantian tahun baru hijriah menjadi momen penting untuk muhasabah/introspeksi diri. Mengingat, tingkat partisipasi masyarakat yang masih terhitung rendah akan pentingnya momen tahun baru ini. Khususnya, bagi mahasiswa untuk menuju mahasiswa yang baik dan berprestasi. (*)

Penulis : Wahyu Hidayat (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, angkatan tahun 2013)
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu