Resmi Dilantik, 93 Bidan Baru Siap Mengabdi untuk Masyarakat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof. Soetojo, dr., Sp.U, menyerahkan ijazah kepada bidan baru. Pelantikan dan pengambilan sumpah bidan dilaksanakan di Aula FK, Selasa (27/9). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kembali meluluskan para bidan baru. Sebanyak 93 bidan lulusan program studi Kebidanan FK UNAIR resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Dekan FK UNAIR pada Selasa (27/9) di Aula FK.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dihadiri oleh Dekan FK UNAIR Prof. Soetojo, dr., Sp.U, Wakil Rektor IV Junaidi Khotib, S.Si., Apt., M.Kes., Ph.D, Wakil Direktur Pelayanan Medik Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Dr. Joni Wahyuhadi, dr., Sp.BS., Direktur RS UNAIR Prof. Dr. Nasronudin, dr., Sp.PD., K-PTI, FINASIM, jajaran dekanat, dan koordinator prodi Kebidanan.

Dalam sambutannya, Joni menyampaikan dua hal yang diperhatikan oleh bidan. Pertama, standar profesi. Kedua, standar prosedur pelayanan. “Jangan melupakan RSUD Dr. Soetomo, bahkan kami membukan pintu selebar-lebarnya apabila ada yang ingin mengabdi di RSUD Dr. Soetomo,” ungkapnya disambut tepuk tangan hadirin.

Dalam sambutannya, Dekan FK UNAIR menyampaikan, bahwa keberadaan bidan di Indonesia masih minim. “Indonesia memiliki lebih dari 250 juta penduduk dengan separuhnya adalah wanita. Namun, untuk bidan sendiri masih minim bahkan ada beberapa daerah yang tidak memiliki bidan. Kemudian, bidan juga merupakan salah satu profesi yang termasuk dalam blueprint MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN),” ujarnya. “Dan, yang pasti lulusan UNAIR laris manis dan tidak ada yang nganggur,” imbuh Prof. Soetojo.

Dalam kesempatan tersebut, Warek IV UNAIR berpesan agar para bidan selalu siap bekerja dengan tenaga medis lainnya. “Saya harap dengan adanya tenaga medis baru, masalah kesehatan masyarakat akan teratasi,”pangkas Junaidi.

Lutfiana Khusiani Utami, perwakilan bidan baru yang memberikan sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu pelaksanaan proses kependidikan. “Semoga bidan yang telah dilantik hari ini bisa memberikan sumbangsih kepada masyarakat karena bagi mereka kami adalah cahaya harapan terutama bagi ibu dan anak,” ungkap Lutfi.

Dengan dilantiknya para bidan baru ini, jumlah bidan yang telah diluluskan oleh FK UNAIR adalah 439 orang sejak tahun 2008. (*)

Penulis: Akhmad Janni
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu