Kunjungi Kampus, Motivasi Siswa Sejak Dini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kamis (29/9), tak kurang dari 320 siswa dan guru melakukan kunjungan ke UNAIR. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Tahun 2015 silam, jumlah mahasiswa baru UNAIR yang berasal dari SMAN 2 Surabaya menduduki peringkat ketiga pada jalur SNMPTN. Sedangkan pada jalur SBMPTN menduduki peringkat pertama dengan jumlah siswa 54 orang. Jumlah ini tergolong tinggi mengingat ada ribuan SMA sederajat di Indonesia yang mendaftar di UNAIR.

Meski demikian, pihak sekolah SMAN 2 Surabaya terus-menerus memacu semangat putra-putri terbaik mereka untuk dapat bersaing mengikuti seleksi masuk di UNAIR. Seperti hari ini, Kamis (29/9), tak kurang dari 320 siswa dan guru melakukan kunjungan ke UNAIR. Kunjungan diterima langsung oleh Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR bertempat di Aula Selasar, Kantor Manajemen, Kampus C UNAIR.

Dra. Kurnia Agustini., M.Psi selaku staf Humas SMAN 2 Surabaya mengatakan, kunjungan ini dalam rangka memperkenalkan siswa-siswinya suasana pendidikan di perguruan tinggi. Tujuannya, agar mereka termotivasi untuk belajar memperbaiki nilai-nilai mereka. Apalagi, kunjungan kali ini dilakukan oleh siswa-siswi kelas XI yang masih menempuh dua semester di SMA. Pada kesempatan ini Kurnia mengatakan, hampir 75% lulusan SMAN 2 Surabaya melanjutkan studi di UNAIR.

“Pertama, kami ingin memberikan motivasi untuk anak-anak agar tau lebih dini persyaratan-persyaratan untuk masuk fakultas atau universitas negeri. Ini mereka kelas XI, masih mendapatkan dua semester penilaian. Ada tiga semestger lagi yang dapat mereka perjuangkan nilainya,” ungkap Kurnia.

Pada kesempatan ini, Drs. Bambang Edi Santoso selaku staf PIH UNAIR menyampaikan materi seputar ke-UNAIR-an. Materi tersebut meliputi sejarah UNAIR, fasilitas yang ada di UNAIR, program studi dan spesifikasi kepeminatan. Sedangkan Imam Siswanto, M.Si., selaku staf Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPKMB) menyampaikan materi seputar cara dan jalur masuk di UNAIR.

Allysha Tifara Fatima siswa kelas XI SMAN 2 Surabaya sangat antusias dengan kunjungan ini. Terbukti, ia aktif bertanya seputar program double degree di UNAIR. Kepada UNAIR NEWS, ia mengungkapkan keinginannya untuk bisa berkuliah di UNAIR di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH).

“Saya ingin masuk FKH, soalnya dari dulu minat ke hewan-hewan. Tapi belum tau pembelajarannya seperti apa, profesinya nanti seperti apa belum tahu,” ungkap Allysha.

Namun begitu, ia mengucapkan terimakasih terhadap semua pihak yang telah mewujudkan terselenggaranya kunjungan ini. Sebab dengan kunjungan ini, ia menjadi tahu bagaimana kuliah di UNAIR, meskipun tidak melakukan kunjungan secara langsung ke fakultas-fakultas atau unit-unit untuk dapat melihat lokasi pembelajaran secara langsung. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu