Kalahkan Lawan Senior Kempo, Atlet UNAIR Sabet Perunggu pada PON XIX

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilham Nauval ketika bertanding di ajang Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat pada 25 – 28 September di Sasana Budaya Ganesha. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Meraih prestasi merupakan suatu kebanggaan. Itulah yang kini tengah dirasakan oleh Ilham Nauval, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Ia berhasil menyabet medali perunggu pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat. Ilham berhasil meraih medali perunggu pada cabang olahraga kempo.

Ilham tak pernah menyangka dirinya berhasil menyumbangkan jumlah medali perak untuk Provinsi Jawa Timur. “Yang pasti seneng banget. Nggak nyangka. Apalagi dari cabang olahraga (cabor) kempo. Aku satu-satunya yang dapat medali dari Jatim,” tutur Ilham.

PON XIX Jabar lalu merupakan kesempatan pertama bagi Ilham untuk turut serta. Pada saat pertandingan berlangsung, Ilham tak menampik bahwa ia menghadapi lawan tanding yang telah memiliki sederet pengalaman bertanding.

“Saat bertanding yang pasti aku deg-degan banget, secara ini PON pertama kali. Apalagi musuh di kelas saya itu banyak orang lama. Maksudnya, orang yang sudah beberapa kali iku PON bahkan SEA (South East Asian) Games. Juara PON sebelumnya juga ikutan,” tutur ilham.

Ilham Nauval (dua dari kanan) berhasil memperoleh medali perunggu di ajang PON XIX Jabar. (Foto: Istimewa)
Ilham Nauval (dua dari kanan) berhasil memperoleh medali perunggu di ajang PON XIX Jabar. (Foto: Istimewa)

Meski demikian, Ilham tetap optimis dan percaya dengan kemampuan dirinya. Rasa optimisme dan percaya diri saat bertanding itulah yang berhasil mengantarkan dirinya menyabet perunggu dan mempersembahkannya untuk Jatim.

Ditanya soal persiapan, Ilham mengaku telah melakukan persiapan diri selama dua tahun. Intensitas latihan itu ia tingkatkan ketika mendekati ajang PON dalam kurun waktu setahun terakhir.

“Pastinya saya mempersiapkan fisik, teknik, dan mental. Ketiganya harus saling mendukung,” tutur Ilham yang menaklukkan lawannya di Sasana Budaya Ganesha, Jabar. (*)

Penulis : Defrina Sukma S.
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu