Kuliah Santai tapi Serius tentang Hukum Laut

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kuliah tamu “Keputusan Mahkamah Arbitrase Internasional (Arbitral Tribunal) atas Sengketa Laut Tiongkok Selatan dalam Perspektif UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea) 1982”, Selasa (27/9), di Fakultas Hukum, Universitas Airlangga. (Foto: Pradita Desyanti)

UNAIR NEWS – Departemen Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Airlangga menggelar kuliah tamu. Kali ini, tema yang diangkat adalah “Keputusan Mahkamah Arbitrase Internasional (Arbitral Tribunal) atas Sengketa Laut Tiongkok Selatan dalam Perspektif UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea) 1982.” Kuliah tamu diselenggarakan pada Selasa (27/9) di Aula Boedi Soesetjo FH UNAIR.

Narasumber yang dihadirkan dalam kuliah tamu adalah Dr. iur. Damos Dumoli Agusman, SH., MA., Sekretaris Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Damos, sapaan akrabnya, mengawali kuliah dengan memaparkan awal mula terjadinya sengketa Laut China Selatan yang terjadi pada 2012. Dilanjutkan dengan poin-poin mengenai gugatan Filiphina terhadap Tiongkok ke Arbitral Tribunal UNCLOS Under Annex VII pada tahun 2013, serta pembahasan tentang keputusan final dari Mahkamah Arbitrase Internasional.

Damos menjelaskan, keputusan tribunal sifatnya tidak memaksa tetapi mengikat. Artinya, mau tidak mau kedua belah pihak harus menyetujui meskipun sebenarnya ada keputusan yang tidak menguntungkan. “Jadi, mau tidak mau mereka harus setuju meskipun keputusan tersebut terkadang tidak menguntungkan. Ibaratnya mau nggak mau ya harus mau,” tutur Damos.

Berbicara mengenai perairan Indonesia, tak ada lagi permasalahan mengenai klaim batas laut. Artinya, klaim atas batas laut di wilayah Indonesia sudah diakui. “Ibarat orang, Indonesia itu sudah ijab Kabul,” imbuh Damos.

Kuliah tamu kali ini diikuti oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Hukum Laut, Penyelesaian Sengketa Internasional, dan Hukum Internasional. Kuliah tamu tentang hukum laut berjalan santai namun serius sehingga mahasiswa terlihat antusias. Buktinya, tak sedikit dari mereka yang mengajukan pertanyaan. (*)

Penulis : Pradita Desyanti
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu