Coastal Area Care, Kontribusi UNAIR Banyuwangi untuk Pelestarian Lingkungan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Setelah dirakit di darat, benih terumbu karang segera ditanam di dasar laut, di Pantai Kampe, Wongsorejo, Banyuwangi, Sabtu (29/9). (Foto: Achmad Zakky Amrillah)

UNAIR NEWS – Sivitas Universitas Airlangga PDD Banyuwangi kembali memberikan kontribusi positif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Kali ini, wilayah pesisir Pantai Kampe, Kecamatan Wongsorejo, Kab. Banyuwangi dipilih sebagai spot, yang dilaksanakan Sabtu (24/9) kemarin.

Deddy Poerba Anggara, ketua pelaksana kegiatan yang dikemas dalam Coastal Area Care (CAC) menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan antara lain transplantasi terumbu karang, penanaman pohon cemara udang, penanaman mangrove, dan penebaran benih ikan kerapu ke laut.

Kegiatan CAC ini dilaksanakan bersama dengan 200 orang peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan komunitas lingkungan yang ada di sekitar Kabupaten Banyuwangi. Bahkan juga melibatkan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan. Mereka kompak, bahu-membahu meramaikan kegiatan bertajuk “Alamku Untuk Masa Depan Hidupku dan Generasiku,” ini.

”Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengajak, melibatkan, dan menanamkan jiwa cinta terhadap lingkungan kepada masyarakat, khususnya generasi muda,” tandas Deddy.

Kepala Prodi Perikanan dan Kelautan PDD UNAIR Banyuwangi, Prayogo, S.P1., MP., berharap kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti sampai disini dan sebatas seremonial, tetapi bisa terus berlanjut pada tahun depan. Ia juga berharap semakin banyak para pemuda lebih mencintai dan menjaga lingkungannya.

”Harapan panitia, Coastal Area Care ini kedepan bukan lagi sebatas nama kegiatan, tetapi jadi sebuah nama organisasi yang secara professional mengelola pelestarian alam, khususnya di wilayah pesisir,” katanya.

Penanaman cemara udang
Penanaman cemara udang oleh mahasiswa UNAIR Banyuwangi di Pantai Kampe, kec. Wongsorejo, Banyuwangi, Sabtu (29/9). (Foto: Achmad Zakky Amrillah)

Menurut Diana, mahasiswi angkatan 2015 pada prodi ilmu Perikanan dan Kelautan UNAIR Banyuwangi, terumbu karang merupakan tempat berlindung, tempat memijah, tempat hidup dan mencari makan khususnya ikan-ikan hias, oleh karena itu perlu untuk dilestarikan.

”Begitu pula dengan penanaman cemara dan penanaman bakau di lahan mangrove, ini merupakan tumbuhan pantai yang fungsinya untuk mencegah abrasi pantai. Jadi ini juga patut untuk kita lestarikan agar keseimbangan pantai dapat terjaga,” jelas Diana.

Bagi Yunus, mahasiswa baru FPK 2016, kegiatan Coastal Area Care ini sebuah acara yang menginspirasi. Kegiatan saya dapat memberikan ilmu dan pengalaman yang tidak bisa dihargai oleh rupiah. ”Pengennya ya sering-sering diadakan kegiatan seperti ini agar kami dapat lebih banyak pengalaman di lapangan,” kata Yunus.

Selain diadakan kegiatan yang sifatnya untuk pelestarian, juga diadakan kegiatan talkshow yang diikuti oleh peserta dari berbagai unsur, mulai pelajar, mahasiswa, dan komunitas pecinta lingkungan yang ada di Banyuwangi dan sekitarnya. (*)

Penulis: Siti Mufaidah
Editor : Bambang ES

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu