Pengenalan Ke-UNAIR-an Mahasiswa PDD Banyuwangi Berakhir

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penampilan drama oleh mahasiswa baru dalam malam inagurasi, di halaman kampus PDD UNAIR Banyuwangi, Minggu (18/9) (Foto: Rona)

UNAIR NEWS – Serangkaian kegiatan Viva Outer Division (VOD) 2016, sebagai kegiatan orientasi pengenalan kampus kepada bahasiswa baru khas PDD UNAIR Banyuwangi, berakhir sudah pada Minggu (18/9) kemarin. VOD 2016 ini dilaksanakan setiap hari Sabtu sejak tanggal 3 September. Sebanyak 200 mahasiswa baru PDD UNAIR Banyuwangi aktif mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Dalam Negeri, Keluarga Mahasiswa (KM) PDD UNAIR Banyuwangi. Kegiatan ini dilaksanakan di sekitar wilayah kampus PDD UNAIR di Banyuwangi.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Ta’arrufi Asmaul Khusnah (20), kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kehidupan di dalam kampus dan sekitarnya, untuk mengetahui alur birokrasi di dalam kampus, dan mengenalkan berbagai Ormawa (Organisasi Mahasiswa) maupun Komikat (Komunitas Minat dan Bakat) yang ada di PDD UNAIR Banyuwangi kepada mahasiswa baru.

”Selain itu juga untuk menambah keakraban antar-angkatan, mengenalkan potensi yang ada di Banyuwangi, menjelaskan etika komunikasi kepada civitas akademika, serta memahami penerapan nilai-nilai Excellent with Morallity yang diharapkan kelak akan membentuk soft skill dan hard skill mahasiswa baru guna menunjang kegiatan belajar mengajar yang akan mereka jalani,” kata Ta’arrufi, mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat angkatan 2014 ini.

Sebagaimana diketahui, Universitas Airlangga telah menjadi cikal-bakal dari beberapa universitas terkemuka di Indonesia, termasuk di dalamnya Universitas Udayana di Bali, Universitas Negeri Malang di Kota Malang, dan kini UNAIR kembali mendapat mandat untuk merintis universitas baru di ujung timur pulau Jawa yaitu di Kabupaten Banyuwangi.

Selama tiga tahun ini UNAIR telah mendapat mandat resmi dari Dikti dan Pemkab Banyuwangi untuk mengelola pendidikan diluar domisili (PDD) di Banyuwangi. Pada bulan September ini pula, kampus PDD UNAIR Banyuwangi telah selesai secara resmi menerima mahasiswa baru angkatan ketiga. Mereka akan belajar, sama seperti mahasiswa UNAIR di Surabaya.

Menurut Bintang, mahasiswa baru PDD UNAIR Banyuwangi angkatan 2016, meski lokasinya cukup jauh dengan kampus induk di Surabaya, tetapi mahasiswa baru di kampus PDD UNAIR Banyuwangi sama-sama diajak untuk tetap memupuk rasa ke-UNAIR-an dalam dirinya. Termasuk juga penanaman nilai-nilai excellent with morality yang dirangkum dalam acara Viva Outer Division (VOD) 2016 ini.

”VOD sebagai kegiatan orientasi khusus bagi mahasiswa baru PDD Banyuwangi ini bagus sekali, sekaligus kegiatan kaderisasi bagi mahasiswa baru,” kata Bintang. (*)

Penulis: Siti Mufaidah
Editor: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu