Membina Keluarga Harmonis

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi myflr.org

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga secara rutin menyelenggarakan pengajian setiap bulan. Kali ini, Lembaga Penyakit Tropik ditempati pengajian rutin pada Rabu (21/9). Mewakili pihak LPT UNAIR, Dr. H. Ahmad Fuad Hafid, menuturkan bahwa pengajian rutin tersebut untuk kali pertama dilaksanakan di LPT.

“Ini untuk pertama kalinya pengajian rutin UNAIR digelar di LPT, semoga dengan ini menjadi rutinitas ke lembaga-lembaga yang lain di lingkungan UNAIR,” jelasnya.

Mewakili Rektor, Direktur Sumber Daya Manusia UNAIR, Dr. Purnawan Basundoro, M.Hum., menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai ruang untuk menambah wawasan keagamaan dan silaturahim antarpegawai di lingkungan UNAIR.

“UNAIR ini kan kampus besar, pegawainya juga banyak, dengan adanya pengajian rutin ini semoga silaturahminya bisa terus terjaga,” jelas Purnawan yang juga dosen Ilmu Sejarah tersebut.

Ustaz Dr. H. M. Turhan Yani, dalam pengajian rutin UNAIR membawakan ceramah dengan tema “Membangun Keluarga yang Harmonis”. Dalam tausiyahnya, penceramah menyinggung banyak aspek yang mendorong agar terciptanya keluarga yang harmonis.

Pertama, pribadi suami dan istri merupakan tiang dalam membangun sebuah keluarga yang harmonis. Pasalnya, dalam berumah tangga, penting bagi pasangan untuk saling memberi dukungan dalam menjalani kehidupan.

“Allah menjadikan pernikahan sebagai pertemuan dua hati manusia yang berbeda karakter, makanya siapkan niat untuk menjadi pendamping hidup yang baik, maka Allah akan menguatkan niat itu,” papar Ustaz Turhan.

Ustaz Turhan juga menjelaskan, rumah tangga yang harmonis bisa ditumbuhkan dengan kebiasaan yang baik, salah satunya dengan membiasakan diri membaca Alquran. Selain itu, dalam ceramahnya, penceramah juga mengingatkan bahwa adanya konflik keluarga. Namun, konflik bukanlah perusak keharmonisa keluarga apabila dikelola dengan baik.

“Konflik dalam rumah tangga pasti ada, tapi harus dikelola agar tidak liar yang bisa berujung pada perceraian,” tegasnya.

Terakhir, penceramah juga mengajak para hadirin untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa dianugerahi keluarga yang islami. (*)

Penulis : Nuri Hermawan
Editor    : Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu