Pelantikan Dokter Spesialis I dan II Dihelat Bersama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana pelantikan Spesialis-I dan Spesialis-II periode September 2016 di Aula FK UNAIR, Rabu (21/9) (Fotor : Dilan Salsabila)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) kembali melantik lulusan program studi Pendidikan Dokter Spesialis I, dan Spesialis II periode ke-118, Rabu pagi (21/9). Sebanyak 66 lulusan itu terdiri dari 58 orang lulusan Spesialis I, dan 8 orang lulusan Spesialis II.

Acara yang dihelat di Aula Fakultas Kedokteran (FK) tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor II Dr. Muhammad Madyan, S.E., M.Si., M.Fin, Dekan FK Prof. Dr. Soetojo, dr., Sp.U (K), Direktur Rumah Sakit UNAIR Prof. Dr. Nasronudin, dr., Sp.PD-KPTI, dan perwakilan dari RSUD Dr. Soetomo dr. Tri Wahyu Martanto.

Jumlah lulusan spesialis FK UNAIR sejak tahun 2002 hingga September 2016 mencapai 2.760. Sedangkan dari lulusan spesialis satu yang dilantik, jumlah lulusan prodi Obstetri dan Ginekologi, serta Kardiologi dan Kedokteran Vaskular masing-masing sebanyak 7 orang. Keduanya merupakan yang terbanyak dibandingkan prodi yang lain.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Soetojo memberikan wejangan kepada lulusan spesialis, agar mampu mengabdi kepada negara dengan ikhlas. Pasalnya, banyak daerah-daerah tertinggal di Indonesia yang masih membutuhkan tenaga dokter.

“Di Papua sana, empat puskesmas, dokternya hanya satu. Jadi masih banyak daerah yang membutuhkan jasa dokter,” ucapnya. “Jangan hanya kumpul di kota-kota besar saja,” imbuh Prof. Soetojo.

Menambahkan pernyataan Prof. Soetojo, Wakil Rektor II mengingatkan kepada lulusan spesialis agar terus bersyukur dan menjalankan amanah dengan baik. Pasalnya, banyak calon mahasiswa yang mendaftarkan diri ke prodi pendidikan dokter spesialis UNAIR, namun tidak diterima.

“Buktikan bahwa Anda adalah lulusan kedokteran UNAIR dengan kinerja yang berkualitas, hal tersebut juga sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi MEA,” ujarnya.

Jumlah meningkat

Terkait pelantikan tersebut, untuk pertama kalinya pelantikan Spesialis-I dan Spesialis-II dihelat secara bersama-sama. Ketua Komite Koordinasi Pendidikan Dr. Tarmono, dr., Sp.U(K) mengungkapkan, jumlah lulusan prodi jenjang Spesialis-II dari waktu ke waktu meningkat.

“Sekarang, program studi itu sudah banyak yang buka program spesialis dua. Maka dari itu, lulusan sekarang ini sudah banyak. Kalau dulu kan masih sedikit, masing-masing dilantik sendiri-sendiri. Sekarang program spesialis dua sudah dikoordinir oleh universitas, jadi lebih teratur,” terangnya.

Dokter Tarmono yakin, bahwa jumlah lulusan Spesialis-II akan terus meningkat. Pasalnya, tiap-tiap program studi akan berusaha untuk membuka program Spesialis-II. “Kalau ke depan jumlah lulusan memungkinkan, maka akan digabung (dengan Spesialis-I). Kalau bahkan lebih banyak lagi, bisa jadi dibikin acara pelantikan Spesialis-II sendiri,” pungkasnya. (*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor : Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu