Viva Outer Division, Pembeda PPKMB Ala UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa baru UNAIR PDD Banyuwangi ketika mengikuti “Viva Outer Division”, gaya beda PPKMB ala UNAIR Banyuwangi. (Foto: A Zaki Multazam)

UNAIR NEWS – Program pengenalan kampus yang diperkenalkan saat ini sudah harus jauh beda dengan gaya orientasi pengenalan kampus atau Ospek yang melibatkan kekerasan fisik dan mental. Dengan kekerasan fisik dan mental, maka akan menjadi momok bagi mahasiswa baru dan orang tua.

Hal itu sesuai yang tertuang dalam himbauan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI) melalui Keputusan Dirjen Dikti No.25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru.

Demikian juga yang dilaksanakan di Universitas Airlangga PDD Banyuwangi. Pada tahun akademik 2016-2017 ini Program Diluar Domisili (PDD) UNAIR Banyuwangi menerima 175 mahasiswa baru. “Adik baru” ini telah melalui proses penerimaan dan pengkaderan yang sama dengan mahasiswa UNAIR di Surabaya dalam Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB).

Tetapi ada yang menjadi pembeda, yaitu kegiatan Viva Outer Division atau disingkat VOD, sebagai pengkaderan khusus untuk mahasiswa PDD UNAIR Banyuwangi, dilaksanakan pada Sabtu (3/09) lalu. Kegiatan ini tidak hanya untuk mengenalkan kampus dan sistem pendidikannya, tetapi juga membentuk karakter dan integritas mahasiswa.

“UNAIR tidak hanya menghasilkan lulusan yang unggul dalam hal akademik, tapi diharapkan juga unggul dalam hal social enforcement. Jadi, mahasiswa harus menguasai bagaimana bertata-laku yang baik sebagaimana perilaku yang sepantasnya, dan ironisnya hal demikian itu mulai luntur dikalangan pemuda,” ujar Ketua Keluarga Mahasiwa PDD UNAIR Banyuwangi, Hendri Arya Fernando.

“Maka dari itulah perlunya ada pembimbingan dan pengarahan secara intensif yang diwujudkan dalam suatu kegiatan pengkaderan mahasiswa baru, khususnya di PDD UNAIR Banyuwangi,” lanjut Hendri, pemuda asli “Kota Blambangan” Banyuwangi ini kepada UNAIR News. (*)

Penulis: A Zaky Multazam
Editor : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu