Presenter dan Wali Kota Surabaya Berbagi Motivasi di UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Presenter SCTV dan Indosiar berbagi cerita dalam acara EMTEK Goes To Campus di Airlangga Convention Center, Rabu (7/9). (Fotografer: Dilan Salsabila)

UNAIR NEWS – Pelaksanaan acara EMTEK Goes to Campus (EGTC) yang dilangsungkan di Airlangga Convention Center (ACC) UNAIR, Rabu (7/9), berjalan meriah. Acara yang dibuka dengan Campus Performing Art dan Open Mic Stand-Up Comedy, dihadiri lebih dari 1500 peserta. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, juga dibuka dengan beragam lokakarya, mulai dari jurnalisme digital Liputan6.com, bintang.com, dan vidio.com. Selain itu, peserta juga diajak mengenali dunia penyiaran berita dari presenter SCTV dan Indosiar.

Presenter senior SCTV Retno Pinasti hadir di hadapan peserta untuk berbagi cerita mengenai pengalaman jurnalistiknya. Retno lolos menjadi presenter melalui ajang SCTV Goes to Campus tahun angkatan pertama yakni 1997.

“Saya adalah angkatan pertama, dulu namanya masih SCTV Goes to Campus. Pertama diadakan tahun 1997. Hasilnya dari kegiatan semacam ini memang banyak melahirkan presenter handal,” terangnya.

Berbeda dengan Retno, Ryan Wiedaryanto yang juga presenter senior pada stasiun televisi yang sama, menceritakan awal mulanya ia terjun ke dunia jurnalistik. Ryan mengaku, awalnya ia tak begitu senang dengan dunia penyiaran. Bagi Ryan, dunia penyiaran itu monoton dan menjenuhkan.

“Dulu bagi saya, presenter itu tidak enak, ngomong harus kaku, eh tapi takdir berkata lain. Saat saya iseng mengikuti seleksi kok diterima. Ternyata dunia presenter itu mengasyikkan. Terlebih kita bisa banyak bertemu tokoh nasional dan tokoh inspirasi,” jelasnya.

Selepas acara berbagi cerita bersama presenter senior, Wakil Rektor IV UNAIR, Junadi Khatib, Ph.D, hadir untuk memberikan sambutan. Junaidi menyampaikan, kegiatan semacam EGTC merupakan bagian dari pelajaran di ruang kelas kuliah. Junaidi juga mengajak peserta untuk memiliki keyakinan pada sebuah proses menuju kesuksesan di masa depan.

“Untuk menjadi sukses itu tidak bisa langsung, perlu ada usaha, adanya proses dan yakinlah bahwa kesuksesan itu mengacu pada progres atau tahapan yang kalian buat,” terangnya.

Di akhir acara EGTC, acara Inspiring Talk diisi oleh Wali Kota Surabaya Ir. Tri Rismaharini. Dalam motivasinya, Risma menjelaskan bahwa jangan pernah meremehkan mimpi. Wali kota perempuan pertama tersebut juga mengajak hadirin untuk berusaha bekerja keras dalam menggapai mimpi.

“Jangan pernah meremehkan mimpi. Terus berusaha bekerja keras untuk menggapai mimpi itu. Itulah prinsip yang saya pegang untuk membawa kota surabaya ada di peta dunia. Memang semua kota ada di peta, tapi yang terang (prestasi, -red) yang akan dilihat,” tegas Risma.

Acara EGTC berlangsung selama dua hari hingga Kamis (8/9). Pada hari kedua, acara EGTC dimeriahkan dengan lokakarya dari Karir.com, grand final lomba news presenter, lokakarya film dan akting bersama pemeran Para Pencari Tuhan, penampilan penyanyi Ihsan Tarore, dan talkshow oleh Inul Daratista dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu