FK UNAIR Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Bersepeda Bersama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dekan FK UNAIR, Prof. Soetojo, dr., Sp.U., Bersama Wali Kota Surabaya, Ir. Tri Risma Harini Saat Mengangkat Bendera Tanda Dimulai Acara Gowes Bareng. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Acara bertajuk “Gowes Bareng Civitas Akademika FK UNAIR” yang diselenggarakan FK UNAIR bersama tenaga medis rumah sakit se-Surabaya berlangsung meriah. Ratusan dokter, lengkap dengan kostum beragam ala dokter, mulai baju praktik, baju jaga, baju ruang kamar operasi, dan baju dokter jawa, siap gowes bareng. Bersepeda bersama atau yang akrab disebut gowes, dimulai dari halaman depan Aula FK UNAIR pada Minggu (4/9).

Acara bersepeda bersama yang juga dibarengi dengan peresmian sekaligus pelantikan pengurus Komunitas Kesehatan Indonesia (Koseindo) dibuka langsung oleh Dekan FK UNAIR, Prof. Soetojo, dr., Sp.U. Dalam sambutannya, dekan berharap agar masyarakat semakin sadar dengan budaya sehat melalui bersepeda. Beberapa poster yang ditempel dan dibagikan saat bersepeda diharapkan semakin memberikan gambaran dan edukasi kepada masyarakat.

“Dengan kegiatan ini, saya mengajak agar mahasiswa dan dosen terbiasa naik sepeda. Kegiatan ini juga mendukung upaya Pemerintah Kota Surabaya menciptakan lingkungan yang clean and green. Jadi jika lingkungan sehat orangnya juga sehat,” tegas Prof. Soetojo.

Hadir di tengah pesepeda, Wali Kota Surabaya Ir. Tri Risma Harini. Kedatangan Risma turut membuka acara Gowes Bareng tersebut. Wali kota perempuan pertama tersebut juga menyampaikan beberapa hal seputar budaya bersepeda kepada hadirin. Selain itu, Risma juga bercerita bahwa baru saja ia diingatkan oleh tamu dari asing mengenai kondisi masyarakat Surabaya yang terbiasa dengan hidangan lezat, sudah sepatutnya diimbangi dengan budaya sehat. Salah satu budaya sehat tersebut adalah dengan bersepeda.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini. Baru kemarin saya diingatkan orang luar, kalau makanan di Surabaya ini enak. Kan rawan diabet,” canda Risma diingiri tepuk tangan hadirin.

“Saya juga salut, FK UNAIR dan Koseindo telah memberikan inisiasi masyarakat agar sehat dengan bersepeda. Kalau masyarakat diberi contoh oleh yang berilmu, pasti nurut. Mudah-mudahan hal ini bisa jadi pola hidup,” tegas Risma.

Rute gowes bareng dimulai dari FK UNAIR, melalui jalan-jalan besar di Surabaya dan tempat bersejarah, dan berakhir kembali ke FK UNAIR. Selain bersepeda, sesampai garis finish, peserta yang mengikuti acara gowes dihibur dengan kemeriahan acara orkes musik dan undian kupon berhadiah. (*)

Penulis : Nuri Hermawan
Editor    : Binti Quryatul Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu