FKM UNAIR Luluskan Doktor ke-100

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prof. Kuntoro, KPS Prodi S-3 Ilmu Kesehatan pertama menyerahkan tumpeng kepada Dr. Nyoman Anita Damayanti, drg., M.S. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Program studi Doktor Ilmu Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga meluluskan doktor ke-100 pada Ujian Doktor Terbuka, Selasa (30/8). Lulusan doktor ke-100 atas nama Yessy Dessy Arna melakukan penelitian tentang model asuhan keperawatan komunitas untuk korban pelecehan seksual anak.

“Model asuhan keperawatan komunitas yang saya teliti adalah Nir Ketaton berbasis FCN (Family Centered Nursing), HCS (Health Care System) dan Atraumatic Care. Nir Ketaton merupakan pendekatan asuhan keperawatan secara spiritual. FCN merupakan asuhan keperawatan berbasis pendekatan keluarga, HCS merupakan konsep penekanan penurunan stres dengan memperkuat pertahanan diri. Asuhan keperawatan komunitas Nir Ketaton ini terbukti menurunkan stres pada anak korban kekerasan seksual,” jelas Yessy.

Prodi S-3 Ilmu Kesehatan sendiri berdiri sejak tahun 2008. Saat ini prodi tersebut diketuai Dr. Nyoman Anita Damayanti, drg., M.S. Daya tampung prodi S-3 Ilmu Kesehatan sebesar 30 mahasiswa pada setiap semesternya, sehingga sampai saat ini telah meluluskan 100 mahasiswa.

“Lulusan keseratus ini merupakan hasil kerjasama yang indah semua sivitas akademika di lingkungan di FKM. Dan hal ini tandai dengan syukuran tumpengan sederhana,” jelas Nyoman.

Lulusan prodi Ilmu Kesehatan diharapkan mampu menghasilkan temuan ilmiah baru dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu kesehatan.  Beban studi satuan kredit semester yang harus ditempuh untuk mahasiswa yang bidang ilmunya linier adalah 48 sks, sedangkan yang non-linier 56 sks. (*)

Penulis: Humas FKM
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu