Universitas Chung Hsing Taiwan Ajak UNAIR Kerjasama

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
UNAIR dan National ChungShing University Taiwan diskusikan kerjasama. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Sebagai bagian dari internasionalisasi, Universitas Airlangga menyambut ajakan kerjasama dari Universitas Negeri Chung Hsing, Taiwan. Kunjungan kerjasama itu dilakukan di Ruang Sidang A, Selasa (30/8).

Delegasi Universitas Negeri Chung Hsing yang berkunjung ke UNAIR adalah Vincentius Surya Kurnia Adi selaku Associate Professor Department of Chemical Engineering. Adi, sapaan akrabnya, merupakan tenaga pendidik di Universitas Negeri Chung Hsing yang berasal dari Indonesia. Ia mempunyai misi untuk mengenalkan kampus di Taichung, Taiwan, ini kepada beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Kedatangan delegasi Universitas Negeri Chung Hsing ini disambut baik oleh pelaksana harian Wakil Rektor III Prof. Hery Purnobasuki, M.Si., Ph.D, Ketua International Office and Partnership UNAIR Dian Ekowati., Ph.D., perwakilan dari Direktorat Pendidikan UNAIR, Fakultas Hukum, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Kedokteran Hewan.

“Saya di sini memang sebagai perwakilan dari NCHU, tapi saya hadir di sini juga bicara potensi Taiwan dari perspektif orang Indonesia. NCHU merupakan Top Ranked Universitas di bidang agrikultural dan sains di Taiwan. Di sana banyak kekayaan alam yang bisa dipergunakan juga oleh mahasiswa Indonesia. Sayangnya, mahasiswa Indonesia belum begitu mengetahui ini,” papar Adi.

Adi juga menambahkan, NCHU memiliki potensi besar yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan penelitian mahasiswa maupun dosen. NCHU memiliki empat hutan buatan, dan dua perkebunan untuk mendukung kegiatan perkuliahan.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Hery yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Inovasi UNAIR mengatakan, kesempatan kerjasama dengan NHCU bisa digunakan dengan sebaik-baiknya oleh peneliti khususnya terkait kolaborasi riset maupun publikasi jurnal ilmiah internasional.

Senada dengan Prof. Hery, Dian juga menuturkan bahwa ada potensi kerjasama yang baik antara UNAIR dan NHCU. Menurut Dian, UNAIR dan NHCU memiliki banyak kesamaan dari aspek program studi. Oleh karena itu, Dian berharap agar fakultas bisa berkontribusi aktif terhadap hubungan UNAIR dan NHCU.

“Harapannya, nanti kerjasama antar UNAIR dan NCHU bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Ini bisa membuat nama UNAIR bisa lebih dikenal di kancah internasional serta bisa memacu kesiapan kami untuk menyambut kerjasama kerjasama internasional yang akan datang,” tandas Dian.

Dian menambahkan, bidang kerjasama yang berpotensi bisa dilakukan oleh UNAIR dan NHCU adalah pertukaran mahasiswa atau summer course, dan kolaborasi penelitian antara UNAIR dan NHCU. (*)

Penulis: Faridah Hari
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu