Semarak Display UKM UNAIR 2016

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dengan bermodalkan Topi Biru Kuning dibawah teriknya matahari, mahasiswa baru tetap semangat memperhatikan presentasi yang diberikan oleh mahasiswa yang tergabung dalam UKM di UNAIR (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Sebanyak lima divisi dari 37 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga menggelar Display UKM 2016 di Student Center UNAIR pada 29-30 Agustus 2016. Pelaksanaan yang masih di bulan Agustus ini, mengusung tema semarak kemerdekaan dengan nama display UKM yaitu “Panca Tirta”.

Filosofi terciptanya Panca Tirta yaitu ‘Panca’ berarti lima yang melambangkan banyaknya divisi yang ada di UKM UNAIR, dan ‘Tirta’ artinya air. Makna ‘Panca Tirta’ mengisyaratkan bahwa semangat dan prestasi yang diberikan oleh kelima divisi dari 37 UKM  selalu mengalir tanpa batas untuk UNAIR.

Acara dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan UNAIR Dr. M. Hadi Subhan, SH., MH., CN dengan pemukulan gong. Suasana seketika ramai ketika terdengar suara gamelan dari Unit Kegiatan Tari dan Karawitan (UKTK) dan UKM Orchestra sebagai pembuka acara. Kemudian, secara berurutan dilanjutkan oleh penampilan dari UKM Karate, Ju Jitsu, Wanala, Kerohanian Islam, Teater, UKTK, Taekwondo, dan Paduan Suara Universitas Airlangga (PSUA).

Gerakan lincah dari divisi bela diri, gemuruh takbir yang dilontarkan dari UKMKI UNAIR, tarian yang lihai dari UKTK, adu akting dari UKM Teater, suara merdu dari PSUA, dan tak kalah menarik pertunjukan yang atraktif dari UKM Wanala membuat acara display UKM kali ini semakin meriah.

Suasana sempat gaduh ketika mahasiswa baru melihat penampilan memukau dari UKM Wanala yang menunjukkan kebolehannya. Kebolehan tersebut ditunjukkan dengan perhelatan flying fox dari lantai 3 Studen Center (SC) ke tribun dasar dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Penampilan yang mengejutkan dari UKM Wanala ini membuat mahasiswa baru antusias. Alhasil, dengan alat pelindung diri (APD) yang teruji safety, akhirnya dua mahasiswa baru yang bernama Ahsan (mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Dewi (mahasiswi baru dari Fakultas Keperawatan) ikut mencoba bermain flying fox dengan dibantu oleh kawan-kawan UKM Wanala.

“Gerakan tadi itu namanya terolian. Biasanya digunakan untuk bantuan penyeberangan. Posisinya ya, seperti itu menggelantung di tali dan lebih utamanya menggunakan kekuatan tangan,” kata Fresta Yuanita anggota UKM Wanala UNAIR pada divisi rock climbing.

Hari pertama display UKM diikuti mahasiswa baru tak kurang dari 3.400 orang. Display UKM berlangsung dua hari, yakni pada Senin (29/8) dan Selasa (30/8). (*)

Penulis : Disih Sugianti
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu