Alumni FKG UNAIR Zahrotur Riyad Jadi Dokter Teladan Nasional 2016

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Alumni FKG UNAIR pada tahun 2003, Zahrotur Riyad. (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Sejak lulus sebagai dokter gigi dari FKG UNAIR pada tahun 2003, Zahrotur Riyad langsung terjun ke masyarakat. Lantas, pada 2010, Ibu tiga anak ini bertugas di Puskesmas Galang, Batam, Propinsi Kepulauan Riau. Wilayah kerjanya meliputi sekitar 100 pulau, di mana hanya sekitar 35 pulau yang berpenghuni.

Bersama dengan tim kesehatan, dia berpindah-pindah dari satu pulau ke pulau lain, setiap hari. Hingga saat ini. Medan yang ditempuh tentu saja tidak mudah, karena pulau-pulau kecil harus dijangkau dengan perahu kecil dan mengarungi lautan.

Dokter gigi enerjik yang hobi menulis dan membaca ini baru menyadari bahwa ilmu yang diterima di bangku kuliah tidaklah cukup jika ingin sukses menjadi seorang yang bermanfaat bagi sesama manusia. Dalam perjalanan tugas sebagai dokter gigi, Uris, begitu nama panggilannya saat kuliah, berjumpa dengan berbagai lapisan masyarakat.

Permasalahan sosial yang mereka hadapi membawa Uris menjadi staf ahli pusat informasi dan kegiatan kesehatan reproduksi sejak tahun 2010. Sebagai konselor, ia memberikan penyuluhan mengenai pencegahan narkoba dan kesehatan reproduksi remaja.

Hasil kerja keras dan doa dari istri Ahmad Khalis Tontowi membuahkan hasil. Data tahun 2013 dan 2014, menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan reproduksi dan tidak ada lagi remaja yang hamil di luar nikah di wilayah Pulau Galang.

Uris yang masih aktif menulis di sejumlah surat kabar ini mendapatkan apresiasi di level nasional dan internasional atas pengabdiannya. Di antara penghargaan tersebut adalah; Ibu berprestasi 2015 kategori kesehatan dari HIPMI Peduli Kepri, Perempuan Inspiratif NOVA 2014 kategori kesehatan, Ikon Gerakan Revolusi Mental Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tahun 2016 bidang etos kerja, Penerima She CAN Inspiring Women 2015 dari Tupperware Indonesia, Nominator UNESCO Prize for Girl’s and Women’s Education 2016, Dokter Teladan Provinsi Kepualaun Riau 2016 dan Dokter Teladan Tingkat Nasional tahun 2016. (*)

Penulis: Humas FKG
Editor: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu