Lulusan Vokasi Sudah Ditunggu Dunia Kerja

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Asisten IV Sekkota Bidang Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya Eko Hariyanto, MM,. saat memberikan kuliah umum di ACC.

 

UNAIR NEWS – Penutupan PPKMB (Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru) Fakultas Vokasi (FV) dilaksanakan di Airlangga Convention Center Jum’at pagi (26/8). Kegiatan bertajuk Closing Laskar 2016 Pengenalan Mahasiswa Vokasi UNAIR itu dihadiri oleh sebanyak 1.146 mahasiswa baru. Tampak pula Dekan FV Dr H. Widi Hidayat, se,. MDi., Ak., Wakil Dekan I Prof Dr. Retna Apsari MSi., dan jajaran dekanat serta dosen.

Yang menarik, hadir Asisten IV Sekkota Bidang Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya Eko Hariyanto, MM,. Dia didaulat untuk memberi kuliah umum tentang prospek lulusan vokasi di dunia kerja saat ini.

Mantan Kepala Dinas Sosial Pemkot Surabaya itu mengatakan, lulusan vokasi selalu ditunggu dunia kerja. Beberapa waktu yang lalu, sejumlah perusahaan berdiskusi dengan pihak Pemkot Surabaya tentang di mana bisa mencari tenaga terampil di sejumlah bidang. Ketika ditelaah, ujar dia, ternyata kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan itu “linier” dengan sejumlah program studi (Prodi) vokasional yang ada di UNAIR.

“Kami pun langsung mengarahkan mereka ke kampus ini. Kesimpulannya, kemampuan kalian sudah dinanti-nantikan oleh banyak perusahaan,” ungkap dia.

Dia mengatakan, saat ini seluruh lulusan perguruan tinggi memiliki peluang setara, tanpa membedakan apakah dia dari program sarjana atau diploma (vokasional). Maka itu, persaingan bakal menjadi lebih fair. Bertolak dari sana, para mahasiswa mesti fokus dan mengeluarkan kemampuan terbaik saat mengenyam pendidikan tinggi.

Sebanyak 1.146 mahasiswa baru memadati hall ACC dalam Penutupan PPKMB (Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru) bertajuk Closing Laskar 2016 Pengenalan Mahasiswa Vokasi UNAIR. 
Sebanyak 1.146 mahasiswa baru memadati hall ACC dalam Penutupan PPKMB (Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru) bertajuk Closing Laskar 2016 Pengenalan Mahasiswa Vokasi UNAIR.

Ditambahkannya, para mahasiswa bisa memilih, apakah akan terjun sebagai profesional, atau berwirausaha. Yang jelas, lulusan FV bisa berperan di mana pun. “Asal tekun, tidak ada yang mustahil. Ilmu yang kalian dapat pasti akan bisa diaplikasikan secara kongkret,” papar dia.

Sementara itu, Prof Retna mengutarakan, ilmu pengetahuan yang didapat dari FV sudah spesifik. Para mahasiswa dicetak untuk terampil dan siap terjun ke lapangan perkerjaan yang sesuai. “Tenaga kerja terampil dan potensial seperti ini selalu jadi rebutan. Karena, kemampuan yang dimiliki begitu mendalam,” ungkap dia.

FV UNAIR memiliki 20 Prodi. Terdapat 17 Prodi D3. Yakni, Analis Medis, Fisioterapi, Pengobatan Tradisional, Teknik Kesehatan Gigi, dan Otomasi Sistem Instrumentasi. Juga, Sistem Informasi, Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Kesehatan Ternak, Teknisi Perpustakaan, Kepariwisataan, Bahasa Inggris, Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Perkantoran dan Kesekretariatan, Manajemen Perhotelan, Manajemen Pemasaran serta Perbankan. Sedangkan sejumlah 3 Prodi D4 yang ada di sini antara lain, Radiologi, Pengobatan Tradisional, dan Fisioterapi. (*)

Penulis: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu