Rektor Wacanakan Bentuk Tim Khusus Proyek Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor Prof M. Nasih saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (24/8) lalu. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Keberhasilan mahasiswa Fakultas Kedokteran Jefferson Caesario meraih medali perunggu International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria pada 24-31 Juli 2016, makin membuktikan kalau mahasiswa UNAIR memiliki keunggulan dalam segala bidang. Bertolak dari perspektif itu, muncul banyak gagasan untuk terus menggairahkan ide kreatif dan inovatif di kalangan mahasiswa. Salah satu wacana yang tercetus dari Rektor UNAIR Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, MT., SE., Ak, CMA., adalah pembentukan tim khusus untuk proyek-proyek tertentu.

Saat ditemui kru UNAIR News Rabu (24/8) lalu, Prof. Nasih mengutarakan, di sejumlah kampus sudah ada tim mobil listrik, mobil hemat energi, dan lain sebagainya. UNAIR sejatinya memiliki potensi untuk membuat kelompok-kelompok produktif seperti itu. Yang jelas, tujuan dari mereka mesti jelas.

“Misalnya, para mahasiswa dikumpulkan dalam sebuah proyek di bidang nanoteknologi. Nanti tim tersebut terdiri dari para mahasiswa lintas fakultas. Punggawa tim memang harus multidisiplin ilmu. Sehingga, produk yang dihasilkan dapat lebih komprehensif manfaatnya,” ungkap Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Dia melanjutkan, UNAIR memiliki banyak peneliti dan pemikir yang sudah teruji di level nasional maupun internasional. Bahkan, mahasiswanya pun kerap berprestasi di ranah dunia. Fakta itu menunjukkan, dari segi SDM, sudah tidak ada persoalan. Tinggal segera menelaah, proyek apa yang ingin dikaji bersama, sekaligus menyesuaikannya dengan kesiapan yang sudah dimiliki.

Terlebih, fasilitas perkuliahan maupun penelitian di UNAIR juga modern. Laboratorium yang ada sudah serba canggih. Semua itu dapat menjadi elemen fundamental untuk mendukung wacana tersebut. “Nanti tim-tim tersebut bisa dikoordinasikan di Direktorat Kemahasiswaan,” ungkap Prof Nasih.

Harapannya, dengan cara ini, sumbangsih yang diberikan UNAIR untuk dunia akademik maupun masyarakat umum, bisa teraplikasikan secara konkret. Sebab, kampus bukanlah menara gading yang hanya tampak megah dari luar. Tapi, tidak bisa menyentuh publik dengan menyeluruh. (*)

Penulis: Rio F. Rachman
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu