Beri Orientasi Agar Mahasiswa Baru Jadi Yuris yang Kompeten

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana PPKMB Fakultas Hukum UNAIR, atau yang biasa disebut Justisia, Rabu (24/8). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Di Universitas Airlangga, bentuk orientasi yang diberikan kepada mahasiswa baru dikemas dalam bentuk Program Pengenalan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB). Usai PPKMB tingkat universitas, ada PPKMB tingkat fakultas yang bertujuan agar mahasiswa baru lebih mengenal fakultas yang menjadi pilihan studi mereka.

Pelaksanaan PPKMB di Fakultas Hukum (FH) UNAIR biasa disebut dengan Justisia. Seperti halnya tahun lalu, Justisia kali ini dilaksanakan selama tiga hari, terhitung sejak Rabu (24/8) hingga Jumat (26/8). Dekan FH UNAIR yang baru menjabat Prof. Dr. Drs. Abd. Shomad, S.H., M.H, memberikan sambutan langsung kepada tak kurang dari 240 mahasiswa baru FH UNAIR 2016.

Wakil Presiden BEM FH UNAIR tahun 2016 mengatakan, tema pelaksanaan Justisia kali ini dibuat agar mahasiswa baru menjadi yuris yang selaras dengan visi misi FH UNAIR.

“Tema resminya Membentuk Yuris Profesional Berdasarkan Nilai Airlangga. Tapi tema singkatnya bisa dibilang cinta almamater. Jadi, mahasiswa baru nantinya agar lebih peduli dengan UNAIR. Kemudian mahasiswa baru juga bisa menjadi yuris yang diharapkan,” ujar Bramantyo.

Selama tiga hari, Justisia dimulai sejak pukul 07.00 dan berakhir pada 17.00. Seperti biasa, mahasiswa baru diberikan materi-materi agar mereka lebih mengenal FH UNAIR.

“Hari ini ada empat materi yang akan  diterima mahasiswa baru. Kalau sesuai jadwal, pukul lima sore sudah selesai,” kata Dani, koordinator sie acara Justisia 2016.

Materi Justisia kali ini disampaikan oleh dosen-dosen FH UNAIR. Mereka adalah Prof. Dr. Peter Machmud Mz., S.H., M.S., LL.M, I Wayan Titib Sulaksana, S.H., M.S, Prof. Dr. Agus Yudha Hernoko, S.H., M.H, dan  Dr. Emmanuel Sujatmoko,. S.H., M.S. Salah satu topik  materi yang diberikan adalah “Sejarah Pendidikan Hukum di Indonesia” yang disampaikan oleh Prof. Peter.

Mahasiswa baru begitu menikmati rangkaian ospek kali ini. Mereka sangat antusias ketika para dosen memaparkan materi, terlihat dari mahasiswa yang aktif bertanya selepas pemberian materi oleh dosen.

“Ospeknya seru. Nggak ada kekerasan sama sekali. Semakin yakin kalau saya nggak salah pilih FH UNAIR,” ujar Natasha, mahasiswa baru FH UNAIR 2016. (*)

Penulis : Pradita Desyanti
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu