Optimalisasi Teknologi Kedokteran Gigi, Harga Impor Rp 15 Juta, Versi UNAIR Rp 3 Juta

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Produk-produk pencegahan radang gusi yang dihasilkan oleh para akademisi lintas fakultas Universitas Airlangga. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga selalu melakukan optimalisasi teknologi tepat guna. Semua bidang pada tiap disiplin ilmu menggenjot program-program aplikatif. Salah satunya, yang dilakukan oleh tim yang diketuai oleh Dr. Ernie Maduratna, drg., M.Kes., Sp. Perio (K). Para akademisi lintas fakultas itu membuat formula (alat maupun obat) untuk pencegahan dan terapi kesehatan gigi. Khususnya, terkait penyakit yang disebabkan oleh radang gusi.

Produknya antara lain, sikat gigi dan obat kumur yang bisa menguatkan sel gusi. Sekaligus, membunuh bakteri dan racun penyebab radang. Selain itu, ada pula antibiotic berupa gel dan obat sebagai solusi gigi keropos. Namun, yang tak kalah mentereng, tim tersebut juga membuat ramuan herbal dan alat laser khusus untuk penyembuhan gigi keropos yang disebabkan oleh radang gusi.

Perempuan yang biasa disapa Ernie itu mengungkapkan, laser yang dikreasikan oleh timnya, memiliki kualitas yang tak kalah bagus dengan versi impor. Dia siap membuktikannya. Harganya pun relatif terjangkau. “Di klinik-klinik atau rumah sakit biasanya pakai versi impor yang harganya mencapai Rp 15 juta. Punya kami, hanya di kisaran Rp 3 juta,” papar dosen yang menyelesaikan S1, S2, dan S3 di UNAIR tersebut.

Sementara itu, untuk obat herbal yang digunakan, dibuat dari bahan klorofil ekstrak Moringa atau daun kelor. Secara umum, cara pengobatan yang dimaksud adalah dengan melumuri herbal tersebut ke daerah yang akan diobati. Setelah itu, laser diarahkan pada titik tersebut. Tentu saja, mekanisme ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Untuk tiga milliliter, yang versi impor mencapai Rp 400 ribu, buatan UNAIR hanya sekitar Rp 10 ribu. (*)

Penulis: Rio F. Rachman
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu