Mahasiswa Manajemen Field Trip ke Malaysia dan Singapura

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para mahasiswa manajemen berfoto bersama saat melakukan Field Trip (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR, dengan konsentrasi riset manajemen operasi melakukan field trip di Malaysia dan Singapura, pada 21-24 Agustus 2016. Mereka mengunjungi beberapa perusahaan untuk belajar tentang supply chain management.

Di Marina Barrage, Singapura, misalnya, mereka mengamati manajemen recycle air dan pengendalian banjir. Di negara itu pula, mereka berkunjung kepelabuhan terbaik se-Asia, untuk menelaah manajemen di sana.

Kunjungan pelabuhan juga dilakukan di Tanjung Pelepas, Johor Bahru, Malaysia, yang merupakan pelabuhan terbesar di negeri Jiran, yang dimiliki negara, tapi dikelola swasta (Maersk Line). Pelabuhan ini di-setting sebagai pesaing pelabuhan Singapora. Karena, lokasinya sejajar dan berdekatan di Selat Malaka.

“Indonesia punya segala teks book tentang manajemen pelabuhan, tapi implementasinya masih jauh dari ideal. Nah, mahasiswa kami beri kesempatan untuk melihat dua pelabuhan di dua negara. Sehingga,mereka dapat mempelajari dan mengkomparasi dengan apa yang ada di literatur manajemen pelabuhan,” ujar dosen pendamping, Tuwanku Aria Auliandri, SE., MSc., melalui surat elektroniknya, Selasa, (23/8).

Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa juga berkunjung kesejumlah kampus, yakni, Nanyang Technological University dan The National University of Singapore. Tujuannya, melakukan diskusi tentang metode pembelajaran di kelas untuk peminatan supply chain manajement. (*)

Penulis: Rio F. Rachman
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu