FKG Selenggarakan Dental Teleconference di APAN 42-Hong Kong

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Teleconference FKG UNAIR. (Foto: HUMAS FKG)

UNAIR NEWSAsia-Pacific Advanced Networks (APAN) adalah organisasi penyedia internet melalui jalur Research and Education Network (REN) di seluruh Asia Pacific. REN menghubungkan berbagai sekolah, universitas, pusat riset, dan rumah sakit di seluruh dunia melalui internet berkecepatan tinggi. Dua kali dalam setahun, APAN menyelenggarakan pertemuan di mana pada tiap pertemuan terdapat Medical Working Group. Awal bulan Agustus 2016 lalu, pertemuan APAN diselenggarakan di Hongkong dan salah satu kegiatan dari Medical Working Group adalah Dental conference se-Asia Pacific.

Aqsa Sjuhada, drg, MKes dari FKG UNAIR adalah Chief Engineer dan Program Organizer dalam Dental Teleconference se-Asia-Pacific tersebut. Dengan memilih tema “Bidirectional relationship between periodontal disease and endocrine disturbance”, teleconference menghubungkan 10 institusi dari Indonesia, Jepang, Malaysia, Taiwan dan Hong Kong di dunia maya.

Aqsa menjelaskan bahwa tema tersebut dipilih karena tren riset global yang membuktian teori bahwa terdapat hubungan kausal yang kuat antara penyakit periodontal dengan ganguan endokrin, seperti diabetes mellitus. Dijabarkan dalam teleconference ilmiah tersebut, penyakit diabetes mellitus menyebabkan penyakit periodontal serta perawatan gigi dan gusi yang paripurna dapat mengotrol keparahan penyakit diabetes mellitus.

Di masa depan, transfer of knowledge melalui teleconference akan semakin dirasakan manfaatnya seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin tinggi, koneksi gambar dan suara yang semakin berkualitas, tampilan presentasi power Point dan tayangan video yang bisa dinikmati dengan lebih nyaman oleh seluruh institusi yang terkoneksi.

Aqsa menambahkan bahwa tantangan di masa depan adalah meningkatkan frekuensi teleconference untuk pendidikan jarak jauh dan berpartisipasi aktif dalam telekonferensi internasional lainnya. FKG Unair telah berperan sebagai Program Organizer dan peran ini akan ditingkatkan agar Unair menjadi leader dalam kegiatan teleconference level internasional. (*)

Penulis: Humas FKG
Editor: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu